Apa itu Spiritual Quetient (SQ)?

Posted in Catatan Harian by

Penemu SQ adalah seorang ahli yang bernama Danah Zohar dan Ian Marshall, Spiritual Quetient (SQ) memiliki beberapa arti yaitu :

  1. Suatu keperluan penting yang dimiliki oleh para hambat Tuhan untuk dapat berhubungan dengan Tuhannya
  2. Kemampuan untuk menghidupkan kebenaran yang paling dalam yaitu mewujudkan hal yang terbaik, utuh dan paling manusiawi dari dalam batin
  3. Merupakan gagasan, energi, nilai, visi, dorongan dan arah panggilan hidup bersama cinta
  4. SQ adalah butki ilmiah, ini nyata ketika kami merasakan keamanan (Secure), kedamaian (peace), penuh cinta (love) dan bahagia (happy), ketika dibedakan dalam suatu kondisi yang dirasakan tidak aman, tidak bahagia dan tidak cinta (Paul Edwards)
  5. SQ adalah pencarian manusia akan makna hidup dan merupakan motivasi utama dalam hidupnya. Kearifan spiritual adalah sikap hidup arif dan bijak secara spiritual yang cenderung mengisi lembaran hidup kita menjadi lebih bermakna dan bijak, bisa menyikapi segala sesuatu secara lebih jernih dan benar sesuai hati nuraninya, itulah kecerdasan spiritual (Viktor Frank-Psikolog)
  6. SQ akan membimbing manusia dalam merencanakan sesuatu yang menjadi tujuan hidupnya, yaitu hidup yang penuh kedamaian secara spiritual. Mendidik hati menjadi benar.
loading...
June 29, 2010
/
Previous Post Next Post

1 Comment

  • Reply Cak Supri

    Dalam buku yang saya baca “Laduni Quotient; Model Kecerdasan Masa Depan”, kecerdasan integral haruslah memadukan kecerdasan pikiran (IQ, EQ dan SQ) dengan kecerdasan hati (aql, qalb, dzauq, shadr, fuad, bashirah dan lubb). Mohon tanggapan.

    January 22, 2012 at 10:37 am
  • Leave a Reply

    You may also like