Contoh Kesimpulan Dan Saran PTK SD Kelas 1

Posted in Makalah by

Berdasarkan hasil penelitian mengenai penerapan Quantum Teaching pada mata pelajaran IPA untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 1 Semester 1 SD Negeri Nesaci, Kabupaten Tasikmalaya dapat disimpulkan sebagai berikut.

  1. Perencanaan pembelajaran IPA pada pokok bahasan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari yang dibuat oleh guru sebelumnya kurang efektif, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan belum tercapai, setelah guru membuat perencanaan pembelajaran dengan menerapkan strategi dan metode Quantum Teaching dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, bahan, metode, dan pendekatan yang akan digunakan serta alat atau media yang tersusun secara sistematis sesuai alokasi waktu yang ada, tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai dengan baik dan merupakan salah satu pendekatan belajar yang tepat pada mata pelajaran IPA di kelas 1 Semester 1 SD Negeri Nesaci Kabupaten Tasikmalaya.
  2. Proses pelaksanaan pembelajaran sebelumnya tidak menggunakan pendekatan belajar yang tepat, sehingga peserta didik tidak antusias dan kurang efektif dalam kegiatan pembelajaran. Setelah guru melaksanakan proses pembelajaran dengan menerapkan strategi dan metode Quantum Teaching, peserta didik dapat termotivasi untuk lebih aktif dan antusias dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Berdasarkan tes siklus 1 hasil nilai rata-rata yang diperoleh peserta didik hanya 40,83 masih banyak peserta didik yang nilainya dibawah kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan nilai KKM 60. dengan menerapkan strategi dan metode Quantum Teaching, mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik sehingga tidak ada lagi peserta didik yang memperoleh nilai dibawah KKM. Hal ini ditunjukan oleh adanya peningkatan hasil nilai tes dari siklus 1,2 dan 3

Saran

Berdasarkan simpulan penelitian diatas maka peneliti dapat menyarankan hal-hal sebagai berikut :

  1. Perencanaan pembelajaran yang dibuat oleh guru sebaiknya disusun sesuai dengan tuntutan kurikulum, dengan memperhatikan aspek-aspek diantaranya : a) aspek kurikulum, b) bahan pembelajaran, c) strategi pembelajaran, d) media dan sumber belajar, e) evaluasi, sehingga tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
  2. Kepada Kepala Sekolah hendaknya mensosialisasikan hasil penelitian ini, dan membantu sarana atau fasilitas untuk belajar dan menerapkan Quantum Teaching
  3. Kepada guru sekolah dasar yang mengajar pada kelas yang mempunyai karakteristik yang hampir sama, disarankan untuk mencoba menggunakan metode Quantum Teaching ini dan melakukan penelitian lanjutan dengan mengkaji metode-metode lain yang dapat meningkatkan mutu dan prestasi belajar peserta didik.
loading...
April 12, 2015
/
Previous Post Next Post

Leave a Reply

You may also like