Nesaci Blog

Contoh Resensi Novel Seandainya Aku Boleh Memilih

Dalam setiap buku, novel dan lainnya terdapat resensi yang berisi tentang keunggulan dan kelemahan suatu buku. Adapun resensi novel “Seandainya Aku Boleh Memilih” yaitu :

  • Judul : Seandainya Aku Boleh Memilih
  • Pengarang : Mira W
  • Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit : 1999
  • Tempat Terbit : Jakarta
  • Tebal : 224 Halaman
  • Panjang Buku : 18 cm
  • Ilustrasi Buku : Merah tua, putih dan hijau; Warna dasar violet dan terdapat bunga warna putih; dan hijau tua dengan tulisan warna emas.

Awal karir Mira W sebagai penulis dimulai pada tahun 1975. selain menulis Mira W juga sebagai dokter dan staf pengajar di sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Buku-buku karya Mira W diantaranya Sepolos Cinta Dini (Gramedia 1978), Cinta Tak Pernah Berhutang (1978) dan Permainan Bulan Desember (1979, Gramedia 1999)

Novel ini diawali dengan pertemuan antara Bandi, Haris dan Riri. Pertemuan itu menghasilkan cinta segitiga dimana Riri telah menikah dengan Bandi yang keadaannya sangat lemah, tapi Riri juga berhubungan dengan Haris, dimana Haris adalah kakak Bandi. Dari hasil hubungan Riri dengan Haris, Riri mempunyai anak yang harus ditinggalkan sejak dia masih bayi.

Berawal dari hal tersebut, mulailah konflik antara Riri, Haris, Bandi dan Ibunya yaitu tentang kebenaran siapa ibu Doni. Dan akhirnya Bandi pun mengetahui kalau Riri telah berkhianat dengan kakaknya sendiri. Masalah pun belum selesai dimana Tanti tidak mau menyerahkan Doni kepada ibunya dan dia nekat bunuh diri.

Kemampuan pengarang memaparkan plot/ alut dengan sangat baik merupakan salah satu kekuatan novel ini. Alur yang dibawakan dalam novel ini adalah alur maju, jadi para pembaca tidak bingung untuk membayangkan cerita dalam novel ini.

Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis dibawakan oleh ibu Bandi. Ibu Bandi yang berwatak tidak mau mengalah / jahat dimana ibu Bandu tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

Sudut pandang maha tahu yang digunakan dalam novel ini juga mendukung keseluruhan cerita. Sang pengarang yang bertindak sebagai seseorang yang mengamati Riri membuat kejadian dalam novel ini ikut tertuang dalam penggunaan sudut pandang ini. Hal inilah yang mendukung alur dan latar. Watak riri juga menjadi sangat jelas bahkan sifat manusia yang dimilikinya tanpa diketahui tokoh lain dalam novel ini akan dapat diketahui oleh pembaca akibat sudut pandang yang digunakan sang pengarang

Novel ini sarat dengan amanat, bahkan dapat disebut sebagai sastra petuah. Adapun amanat yang terdapat di dalam novel ini diantaranya kita harus berbakti kepadas orang tua, kita harus bisa mengendalikan diri kita diantaranya kita atau hawa nafsu, kita pun harus mengalah kepada orang yang lemah dan kita harus berbakti pada suami jika kita sudah menikah. Amanat-amanat lain yang terselip pada berbagai bagian cerita dapat dibaca pada novel ini. Amanat-amanat tersebut terungkap jelas ketika Haris mengikuti semua yang diperintahkan ibunya dan ketika Haris dan Riri harus berkorban demi anaknya.

Pembawaan dua konflik yang sangat jelas berbeda menjadi salah satu kelemahan buku ini. Konflik pertama dibawakan dalam kebohongan yang sudah lama oleh pengarang, kemudian dilanjutkan dengan konflik kedua yang berlawanan dengan konflik yang pertama. Yakni konflik kedua ini tidak ada kebohongan dan pembalasan dari kebohongan itu. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi keunggulan novel ini dalam segi konflik yang dimunculkan. Kedua konflik tersebut tetap menarik untuk diikuti dan diketahui lanjutannya.

Jika Anda membaca novel ini, mungkin Anda tidak bisa berhenti di tengahnya. Novel ini mampu membuat pembacanya terus tertarik hingga akhir cerita. Latar dan alur cerita bagitu jelas mampu membuat Anda merasa ikut dalam ceritanya. Konflik yang menarik dan cerita ini penuh dengan amanat, juga dapat membuat pembaca lebih tertarik. Karena itu cobalah membaca novel ini dan nikmatilah cerita yang dibawakannya.

Related Posts:

Category: Catatan Harian
  • Emma uniarti says:

    Makasih ats resensinya.
    Akhrx ujian praktek bhs indonesiaq,bsa aq krjakan.
    Sx lg makasih banyak.

    March 19, 2011 at 4:00 pm
    • sukma says:

      makasih y atas resensinya
      tgas q sekarang dah selesai

      August 14, 2012 at 10:33 pm
  • Intan says:

    Makasi uda bantu tugas aku :)

    April 10, 2011 at 7:33 pm
  • Intan says:

    makasi lagi deh hehe

    April 10, 2011 at 7:35 pm
  • bunga cantik says:

    maksih tlah mekasih saran ..

    May 29, 2011 at 5:38 pm
  • Adnan Reza Bonetti says:

    thanks banget dah bantuin job gw…

    June 2, 2011 at 7:12 am
  • kadek says:

    thanks yaw resensinya uda buat terinspirasi…..

    June 4, 2011 at 10:17 am
  • Comander says:

    Thanks Tugas gw akhirnya kelar juga,,, huftt

    August 3, 2011 at 7:18 pm
  • Comander says:

    :D

    August 3, 2011 at 7:19 pm
  • Rizky says:

    info yang berguna…
    tq..

    August 4, 2011 at 2:40 pm
  • desi says:

    maaci banget yah

    August 7, 2011 at 9:38 pm
  • annii says:

    makasih yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    August 23, 2011 at 12:36 pm
  • paratamtam says:

    makasihh tugas ku selesai akhirnya :D

    August 24, 2011 at 7:20 pm
  • paratamtam says:

    :p

    August 24, 2011 at 7:21 pm
  • Ramlan putra aquarius says:

    Thank’s.. berkat resensinya tgas_Q dagh keLaR… Skali lg mksih yagh.

    September 17, 2011 at 7:22 pm
  • reggy surya anjasmara says:

    thanks a lot, good resention,,,

    September 23, 2011 at 6:17 pm
  • izhe danga says:

    alhmdllah yach …
    tgas gue akhir ny kelarr jga…

    September 29, 2011 at 7:11 am
  • danica says:

    thx bgt..
    tugas resensi ku jd bs kelar dgn cpt..
    :D
    skali lg thankz..

    October 2, 2011 at 2:47 pm
  • stella says:

    thank’s ya,,

    October 3, 2011 at 8:22 pm
  • vrike says:

    terimakasih sangat membantu :)

    October 3, 2011 at 9:28 pm
  • erick says:

    kira2 d kota ku udah ada bukunya gak ya???

    October 4, 2011 at 8:13 pm
  • bella says:

    makasih udah ngebantu tugas akuu :D

    October 5, 2011 at 7:41 pm
  • Aii Celalu Cynk Diia says:

    makasih ya dah bantuin tugas aq :)
    akhir nya dapet juga tugas contoh reseensi :)

    October 8, 2011 at 7:46 pm
    • Muhammad rizal khalqi says:

      terima kasih banyak atas contoh reseensinya…
      akhirnya tugas liburan ini selesai :D

      August 24, 2012 at 4:02 pm
  • wahyu says:

    alhamdullilah tugas q selesai!!!!!!!!makasih yah

    October 10, 2011 at 1:53 pm
  • fatma syaifi angel says:

    makasih :)

    October 14, 2011 at 2:06 pm
  • ayu says:

    makasiiih banget yah. resensi aku udah mau kelar :D

    October 14, 2011 at 6:30 pm
  • Andini says:

    Mkce yaCh. . .brkat resensi ini’tgs q bsa cLce. . .

    October 15, 2011 at 6:15 pm
  • adinda intansari says:

    trrmkcihh bnyakk..
    akhirnya tugaskuw yang trkhirr kelarr jujhaaa :)

    October 16, 2011 at 10:36 pm
  • manda says:

    baguss

    October 17, 2011 at 9:10 am
  • Anytalia hitta says:

    heheehe makasi :) gragra ada ini tugasku jadi selesai :*

    October 17, 2011 at 9:10 pm
  • Tri aghem sukma saputra says:

    Thanx yh,,
    tugas w jdi da smpel’y,,

    October 19, 2011 at 8:52 am
  • MRNL says:

    Makasih kk Tugas ku dah Selesai Berkat Contoh resensi ini :)

    October 26, 2011 at 2:54 pm
  • ray_378 says:

    hahaha, iya nih. gw juga lagi ngerjain tugas bhs.indo. thanks ya gan…………

    October 26, 2011 at 6:46 pm
  • widya says:

    gila,,,bsok bkin lagi ya,,,,,,,cuakep dech kyaknya walaupun blom baca,,,,,,
    hahahahhhhahah

    October 29, 2011 at 10:47 am
  • wiwid says:

    makasih ya mbknya,,,ats resensinya…,..
    saya bisa ngrjain tugas dan biza pulang cpet makasih ya mbk,,,,,
    :)

    October 29, 2011 at 10:57 am
  • mumzh says:

    wah,,akhirnya tugas resensi ku selesai,,,,,,,
    makasih ya mbk,,,walau saya dimrhin tmn2 saya,,,yg
    pnting resensi selesai,,,,,,
    ;)
    :p
    :)

    October 29, 2011 at 11:04 am
  • dede ferdian says:

    makasih mbaa . ahirnya resensi saya selesai . walaupun sedikit ngarang dari saya , maaf ya mba .:D

    November 1, 2011 at 4:31 pm
  • muhammad iman says:

    makasih atas resensinya jadi aku bisa ngerjain tugasnya.

    November 1, 2011 at 9:15 pm
  • muhammad iman says:

    ceritanya bagus sekali…
    :-)

    ;-)

    November 1, 2011 at 9:17 pm
  • Halibi says:

    makasih atas resensinya, karna resensi ini aku jadi bisa ngerjain tugas

    November 2, 2011 at 8:26 pm
  • jesika naibaho says:

    mkasih ya tuk resensinya

    November 6, 2011 at 11:03 am
  • pasha says:

    hahahhaa,. makasihhh PR q selesasiiii

    November 8, 2011 at 2:41 pm
  • Jufent harefa says:

    jd gk repot q deh cari-2 tugas akhrx dpt jg d’sn.
    Wkwkwk

    November 9, 2011 at 5:36 pm
  • rany keupung says:

    mkziii bwdtt contoh resensinyaa, jadinya skrg udah ngertii gmnaa yg nmanya resensi.

    November 9, 2011 at 6:21 pm
  • Tiara Novita says:

    Coba diceritain dengan jelas siech… pengen baca nich… :D

    November 12, 2011 at 9:01 am
  • wahyu wija atmika says:

    makasiii buanyakk dach ringanin beban q buat tgaazz

    November 13, 2011 at 12:18 am
  • dziedh says:

    thanks.. tugas jadii beress..

    November 13, 2011 at 8:37 am
  • Arie s0viana says:

    5kceh yaw..
    Jd tw bnyank tentang n0vel..:-)

    November 16, 2011 at 7:23 pm
  • tajuddin says:

    aq suka novel

    November 17, 2011 at 2:32 pm
  • echy says:

    kekurangan dan kelebihan novel ini apa?

    November 17, 2011 at 3:56 pm
  • Amoy says:

    alur crita ny m’nrik jga…
    konflik yg trjdi agk rumit n m’ngangkn tpi konflik sprti itu sdah sring terjadi…

    November 17, 2011 at 4:55 pm
  • Amoy says:

    ma kasih…
    berkat resensi ini akk bsa s’lesai kn tgas akk dgn baik …
    thx u buat novel s’andai ny akk bleh m’milih…

    November 17, 2011 at 5:47 pm
  • cinta q says:

    makasih yaaa :D

    November 18, 2011 at 10:18 pm
  • irfan says:

    makasiihh

    November 19, 2011 at 10:40 pm
  • tatang katro says:

    makasi y,,,tgas smstrqu terpeuhi

    November 22, 2011 at 6:12 am
  • Daraka says:

    tq bro

    November 22, 2011 at 2:08 pm
  • mHinNAa says:

    adUH….cAPek juga ya…… mAKkcHiiiiiiii ya………

    November 23, 2011 at 7:04 pm
  • wizmilak says:

    mkacih ea ataz novel nya….

    November 23, 2011 at 7:41 pm
  • cac schreme slemania says:

    thankyu berat mas berooooooooo !!!!!!!!!!!!!!!!

    November 23, 2011 at 9:18 pm
  • rahman says:

    makasih ya,,,,,semua tugas ku selesai!!!

    November 23, 2011 at 9:33 pm
  • aayu screwyy says:

    Maksih yhaa atas resensinya . . itu sangatt mmbntuu bangatt . .

    November 24, 2011 at 9:10 am
  • okta ade pratama says:

    makasih yaa udah bantu ngeringanin tugas bahasa indonesia aku :)

    November 24, 2011 at 3:41 pm
  • uswatun hasanah says:

    mksh ea,,,

    November 24, 2011 at 3:42 pm
  • fefen says:

    trima kasih yah tlah membntu aku utk membuat resensi

    November 24, 2011 at 9:04 pm
  • inez says:

    waw thatz greeet

    November 25, 2011 at 1:26 pm
  • aan says:

    thank………………..

    November 26, 2011 at 4:48 pm
  • Sara says:

    terima kasih banget buat contoh resensinya X)
    sangat membantu

    November 27, 2011 at 11:30 am
  • tiara says:

    makasihhh, udh bntuu

    November 28, 2011 at 5:37 pm
  • Yustisa says:

    aduh aku mau novel <3

    November 29, 2011 at 7:10 am
  • Yhiie says:

    Thansk bnget ea,resensi.a dah bantuin nylesain tgs semester gw . . . .

    November 29, 2011 at 7:32 pm
  • Allex.s says:

    Makasih atas contoh n0vel nya,cekarang Q dah bisa ngeresensi n0vel , , ,

    November 29, 2011 at 9:03 pm
  • witri cubby says:

    Ufftt ,, akhirnya .. thankz :)

    November 29, 2011 at 9:04 pm
  • diaN pawitri suherman says:

    makacihhh …
    allhamdullilah yahh ,, “sesuatu” :*
    :D

    November 29, 2011 at 9:06 pm
  • lindaa says:

    makasih banget yaa, ngebantu banget nih :)

    November 30, 2011 at 10:20 pm
  • Inggrid Syagori says:

    Bagus bangetttt :)

    December 1, 2011 at 2:10 pm
  • Sem says:

    Jelas dimengerti sekali resensinya !!

    December 1, 2011 at 5:24 pm
  • fendi says:

    makasi yaaakhirx tgasqselesaijgaaaa

    December 1, 2011 at 7:10 pm
  • said says:

    thanks yaa.. uda bantu tugas ku.. :D

    December 2, 2011 at 1:19 pm
  • Zma Chéng Xu says:

    Mkasih.. Rsensi’y aq co past y!

    December 3, 2011 at 7:45 am
  • ArViie Ssi SeNoto ObOy says:

    . Thanks bgtt buatt resensiinya.. Udaa bantu bangett buat tugaz akhirr inii.. :) :)

    December 5, 2011 at 9:43 am
  • agoonk says:

    thanxxxxx !!!

    December 8, 2011 at 7:14 pm
  • choyumm says:

    Thanks bget za uda bntu slsain tugas aq…

    December 9, 2011 at 5:43 pm
  • chaezma says:

    huuffff qw msi btuh cntoh resensi novel

    December 11, 2011 at 1:21 pm
  • chaezma says:

    lg dunk rsensi nvel.x

    December 11, 2011 at 1:27 pm
  • Aviva says:

    reesensinya bagus sekali…..

    ======================
    Coba pakai aplikasi seperto Sort Shots for iPad

    December 13, 2011 at 11:40 am
  • ephye says:

    resensix keren bgt…

    December 13, 2011 at 11:43 am
  • echaz says:

    mkciiiiiih…

    December 15, 2011 at 12:31 pm
  • chantiiie says:

    thankz dha bntu..

    December 15, 2011 at 12:32 pm
  • marlina says:

    .ufd ..
    .brkat noveL ne
    .tgaz ak slsaii ..
    .thank’s bgt iia ..

    December 16, 2011 at 8:53 pm
  • dicky says:

    makasih

    December 20, 2011 at 5:59 pm
  • mycha says:

    dengan bantuan novel ini tugas-tugas aku slesai
    TERIMA KASIH

    December 22, 2011 at 5:36 pm
  • pobersonic says:

    Tambahan :

    Resensi novel Perjalanan Cinta di Negri Tetangga
    Judul :My First Tri Angel Love

    December 28, 2011 at 11:41 am
  • Dea says:

    makasi dh bantu
    akhirnya tugas ku bsa slesai jga :D

    January 5, 2012 at 3:29 pm
  • fredrick says:

    makasih yah….

    January 17, 2012 at 8:42 pm
  • rieska says:

    mksi tugasku selesai juga ni…

    January 21, 2012 at 8:01 pm
  • giat says:

    terima kasih yah,… ini sangat membantu dalam menyelesaiakan tugas ku

    January 22, 2012 at 4:25 pm
  • frank says:

    thanxs dh buat web ini!!!
    tugas i am udah selesai…. :D

    January 26, 2012 at 9:29 am
  • tania says:

    makash da nliz novelnya….

    January 31, 2012 at 8:21 pm
  • aoleng says:

    asyyyyyyiik……………..

    January 31, 2012 at 8:25 pm
  • anty says:

    mksh ya buat resensinya keren bgd .
    akhirnya tugas qu selesai jga,,,

    February 3, 2012 at 10:46 pm
  • agus says:

    thanks buat pengarang..buku ini sangat membantu saya dalam menumbuhkkan inspirasi

    February 9, 2012 at 5:57 pm
  • vonny says:

    Thanks,, Resensi novelnya ngebantu banget,,

    February 19, 2012 at 8:54 pm
  • ipank says:

    thankyou very much…

    February 21, 2012 at 2:10 pm
  • Cha_cha says:

    makasi byk, tgsQ akhirx slese jg,,, :)

    March 7, 2012 at 3:22 pm
  • eko cahyono says:

    saya penggemar berat mira w, buku pertama yang saya baca adalah masih ada kereta yang akan lewat, setelah itu aku nge fans banget ma bunda mira w. saya punya sekitar 50 buku mira w. bagi yang ingin atau berminat bisa menghubungi saya . gratis. hubungi eko cahyono di 085646455384

    March 7, 2012 at 9:10 pm
  • rudi says:

    thx resensi na

    March 19, 2012 at 1:31 pm
  • yosi says:

    thanks dh bantu tugas ku

    March 31, 2012 at 4:24 pm
  • aldo says:

    makasih resensi q bs ngerjain prku jg jd ngga dihukum

    April 19, 2012 at 6:58 pm
  • pramandika says:

    terima kasih saya sudah di bantu

    May 2, 2012 at 9:20 pm
  • Firdha Gokil says:

    makasih banget atas resensinya.. aku jadi ngerti gimana resensi itu..
    maklumlah, penulis pemula.. butuh banyak lagi pelajaran

    May 5, 2012 at 12:49 pm
  • Fahmii brahmana says:

    Terima kasih banyak coy !!
    akhirnya tugas gw kellar juga niih !! :)

    May 12, 2012 at 2:35 am
  • nine says:

    makasi ya,
    alhamdulillah tugas kelar

    May 13, 2012 at 6:09 pm
  • ammach says:

    trimaksih yy untuk infrmasinya :)

    July 26, 2012 at 7:49 am
  • tyan says:

    makacih bnget untuk sarannya…..

    August 11, 2012 at 9:59 am
  • aqin says:

    ., suwun ngge resensi.ne.,..

    September 1, 2012 at 11:04 am
  • kekez joishindi keirena says:

    tq 4 resension.
    dengan ini aku bisa memenuhi tgs b.indo n nambah ilmu hehehehe :-)

    October 5, 2012 at 9:28 pm
  • GLD says:

    TQ,, UDAH BANTU TUGAS AQUW,,,,

    October 12, 2012 at 8:16 pm
  • badboyz says:

    Apa cuma gw orang disini yang ke sini cuma buat tugas

    October 22, 2012 at 1:36 pm
  • badboyz says:

    kurang dikit nih resensinya

    October 22, 2012 at 1:38 pm
  • sabrianto says:

    makasih kk :)

    April 5, 2013 at 7:15 pm
  • nia apriana says:

    makasi aea atas info x tentang risensi ni,,

    September 16, 2013 at 7:02 pm
  • Annisa says:

    Bisa minta tolong nggak?? tolong resensiin novel mira w yang judulnya serpihan cinta bipolar

    November 3, 2013 at 12:39 pm
  • Andhika says:

    Maturnuwun banget tugas ku selesai

    February 12, 2014 at 7:00 pm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*