Contoh Resensi Novel Seandainya Aku Boleh Memilih

Posted in Catatan Harian by

Dalam setiap buku, novel dan lainnya terdapat resensi yang berisi tentang keunggulan dan kelemahan suatu buku. Adapun resensi novel “Seandainya Aku Boleh Memilih” yaitu :

  • Judul : Seandainya Aku Boleh Memilih
  • Pengarang : Mira W
  • Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit : 1999
  • Tempat Terbit : Jakarta
  • Tebal : 224 Halaman
  • Panjang Buku : 18 cm
  • Ilustrasi Buku : Merah tua, putih dan hijau; Warna dasar violet dan terdapat bunga warna putih; dan hijau tua dengan tulisan warna emas.

Awal karir Mira W sebagai penulis dimulai pada tahun 1975. selain menulis Mira W juga sebagai dokter dan staf pengajar di sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Buku-buku karya Mira W diantaranya Sepolos Cinta Dini (Gramedia 1978), Cinta Tak Pernah Berhutang (1978) dan Permainan Bulan Desember (1979, Gramedia 1999)

Novel ini diawali dengan pertemuan antara Bandi, Haris dan Riri. Pertemuan itu menghasilkan cinta segitiga dimana Riri telah menikah dengan Bandi yang keadaannya sangat lemah, tapi Riri juga berhubungan dengan Haris, dimana Haris adalah kakak Bandi. Dari hasil hubungan Riri dengan Haris, Riri mempunyai anak yang harus ditinggalkan sejak dia masih bayi.

Berawal dari hal tersebut, mulailah konflik antara Riri, Haris, Bandi dan Ibunya yaitu tentang kebenaran siapa ibu Doni. Dan akhirnya Bandi pun mengetahui kalau Riri telah berkhianat dengan kakaknya sendiri. Masalah pun belum selesai dimana Tanti tidak mau menyerahkan Doni kepada ibunya dan dia nekat bunuh diri.

Kemampuan pengarang memaparkan plot/ alut dengan sangat baik merupakan salah satu kekuatan novel ini. Alur yang dibawakan dalam novel ini adalah alur maju, jadi para pembaca tidak bingung untuk membayangkan cerita dalam novel ini.

Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis dibawakan oleh ibu Bandi. Ibu Bandi yang berwatak tidak mau mengalah / jahat dimana ibu Bandu tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

Sudut pandang maha tahu yang digunakan dalam novel ini juga mendukung keseluruhan cerita. Sang pengarang yang bertindak sebagai seseorang yang mengamati Riri membuat kejadian dalam novel ini ikut tertuang dalam penggunaan sudut pandang ini. Hal inilah yang mendukung alur dan latar. Watak riri juga menjadi sangat jelas bahkan sifat manusia yang dimilikinya tanpa diketahui tokoh lain dalam novel ini akan dapat diketahui oleh pembaca akibat sudut pandang yang digunakan sang pengarang

Novel ini sarat dengan amanat, bahkan dapat disebut sebagai sastra petuah. Adapun amanat yang terdapat di dalam novel ini diantaranya kita harus berbakti kepadas orang tua, kita harus bisa mengendalikan diri kita diantaranya kita atau hawa nafsu, kita pun harus mengalah kepada orang yang lemah dan kita harus berbakti pada suami jika kita sudah menikah. Amanat-amanat lain yang terselip pada berbagai bagian cerita dapat dibaca pada novel ini. Amanat-amanat tersebut terungkap jelas ketika Haris mengikuti semua yang diperintahkan ibunya dan ketika Haris dan Riri harus berkorban demi anaknya.

Pembawaan dua konflik yang sangat jelas berbeda menjadi salah satu kelemahan buku ini. Konflik pertama dibawakan dalam kebohongan yang sudah lama oleh pengarang, kemudian dilanjutkan dengan konflik kedua yang berlawanan dengan konflik yang pertama. Yakni konflik kedua ini tidak ada kebohongan dan pembalasan dari kebohongan itu. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi keunggulan novel ini dalam segi konflik yang dimunculkan. Kedua konflik tersebut tetap menarik untuk diikuti dan diketahui lanjutannya.

Jika Anda membaca novel ini, mungkin Anda tidak bisa berhenti di tengahnya. Novel ini mampu membuat pembacanya terus tertarik hingga akhir cerita. Latar dan alur cerita bagitu jelas mampu membuat Anda merasa ikut dalam ceritanya. Konflik yang menarik dan cerita ini penuh dengan amanat, juga dapat membuat pembaca lebih tertarik. Karena itu cobalah membaca novel ini dan nikmatilah cerita yang dibawakannya.

loading...
December 14, 2010
/
Previous Post Next Post

124 Comments

  • Reply Emma uniarti

    Makasih ats resensinya.
    Akhrx ujian praktek bhs indonesiaq,bsa aq krjakan.
    Sx lg makasih banyak.

    March 19, 2011 at 4:00 pm
    • Reply sukma

      makasih y atas resensinya
      tgas q sekarang dah selesai

      August 14, 2012 at 10:33 pm
  • Reply Intan

    Makasi uda bantu tugas aku 🙂

    April 10, 2011 at 7:33 pm
  • Reply Intan

    makasi lagi deh hehe

    April 10, 2011 at 7:35 pm
  • Reply bunga cantik

    maksih tlah mekasih saran ..

    May 29, 2011 at 5:38 pm
  • Reply Adnan Reza Bonetti

    thanks banget dah bantuin job gw…

    June 2, 2011 at 7:12 am
  • Reply kadek

    thanks yaw resensinya uda buat terinspirasi…..

    June 4, 2011 at 10:17 am
  • Reply Comander

    Thanks Tugas gw akhirnya kelar juga,,, huftt

    August 3, 2011 at 7:18 pm
  • Reply Comander

    😀

    August 3, 2011 at 7:19 pm
  • Reply Rizky

    info yang berguna…
    tq..

    August 4, 2011 at 2:40 pm
  • Reply desi

    maaci banget yah

    August 7, 2011 at 9:38 pm
  • Reply annii

    makasih yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    August 23, 2011 at 12:36 pm
  • Reply paratamtam

    makasihh tugas ku selesai akhirnya 😀

    August 24, 2011 at 7:20 pm
  • Reply paratamtam

    :p

    August 24, 2011 at 7:21 pm
  • Reply Ramlan putra aquarius

    Thank’s.. berkat resensinya tgas_Q dagh keLaR… Skali lg mksih yagh.

    September 17, 2011 at 7:22 pm
  • Reply reggy surya anjasmara

    thanks a lot, good resention,,,

    September 23, 2011 at 6:17 pm
  • Reply izhe danga

    alhmdllah yach …
    tgas gue akhir ny kelarr jga…

    September 29, 2011 at 7:11 am
  • Reply danica

    thx bgt..
    tugas resensi ku jd bs kelar dgn cpt..
    😀
    skali lg thankz..

    October 2, 2011 at 2:47 pm
  • Reply stella

    thank’s ya,,

    October 3, 2011 at 8:22 pm
  • Reply vrike

    terimakasih sangat membantu 🙂

    October 3, 2011 at 9:28 pm
  • Reply erick

    kira2 d kota ku udah ada bukunya gak ya???

    October 4, 2011 at 8:13 pm
  • Reply bella

    makasih udah ngebantu tugas akuu 😀

    October 5, 2011 at 7:41 pm
  • Reply Aii Celalu Cynk Diia

    makasih ya dah bantuin tugas aq 🙂
    akhir nya dapet juga tugas contoh reseensi 🙂

    October 8, 2011 at 7:46 pm
    • Reply Muhammad rizal khalqi

      terima kasih banyak atas contoh reseensinya…
      akhirnya tugas liburan ini selesai 😀

      August 24, 2012 at 4:02 pm
  • Reply wahyu

    alhamdullilah tugas q selesai!!!!!!!!makasih yah

    October 10, 2011 at 1:53 pm
  • Reply fatma syaifi angel

    makasih 🙂

    October 14, 2011 at 2:06 pm
  • Reply ayu

    makasiiih banget yah. resensi aku udah mau kelar 😀

    October 14, 2011 at 6:30 pm
  • Reply Andini

    Mkce yaCh. . .brkat resensi ini’tgs q bsa cLce. . .

    October 15, 2011 at 6:15 pm
  • Reply adinda intansari

    trrmkcihh bnyakk..
    akhirnya tugaskuw yang trkhirr kelarr jujhaaa 🙂

    October 16, 2011 at 10:36 pm
  • Reply manda

    baguss

    October 17, 2011 at 9:10 am
  • Reply Anytalia hitta

    heheehe makasi 🙂 gragra ada ini tugasku jadi selesai :*

    October 17, 2011 at 9:10 pm
  • Reply Tri aghem sukma saputra

    Thanx yh,,
    tugas w jdi da smpel’y,,

    October 19, 2011 at 8:52 am
  • Reply MRNL

    Makasih kk Tugas ku dah Selesai Berkat Contoh resensi ini 🙂

    October 26, 2011 at 2:54 pm
  • Reply ray_378

    hahaha, iya nih. gw juga lagi ngerjain tugas bhs.indo. thanks ya gan…………

    October 26, 2011 at 6:46 pm
  • Reply widya

    gila,,,bsok bkin lagi ya,,,,,,,cuakep dech kyaknya walaupun blom baca,,,,,,
    hahahahhhhahah

    October 29, 2011 at 10:47 am
  • Reply wiwid

    makasih ya mbknya,,,ats resensinya…,..
    saya bisa ngrjain tugas dan biza pulang cpet makasih ya mbk,,,,,
    🙂

    October 29, 2011 at 10:57 am
  • Reply mumzh

    wah,,akhirnya tugas resensi ku selesai,,,,,,,
    makasih ya mbk,,,walau saya dimrhin tmn2 saya,,,yg
    pnting resensi selesai,,,,,,
    😉
    :p
    🙂

    October 29, 2011 at 11:04 am
  • Reply dede ferdian

    makasih mbaa . ahirnya resensi saya selesai . walaupun sedikit ngarang dari saya , maaf ya mba .:D

    November 1, 2011 at 4:31 pm
  • Reply muhammad iman

    makasih atas resensinya jadi aku bisa ngerjain tugasnya.

    November 1, 2011 at 9:15 pm
  • Reply muhammad iman

    ceritanya bagus sekali…
    🙂

    😉

    November 1, 2011 at 9:17 pm
  • Reply Halibi

    makasih atas resensinya, karna resensi ini aku jadi bisa ngerjain tugas

    November 2, 2011 at 8:26 pm
  • Reply jesika naibaho

    mkasih ya tuk resensinya

    November 6, 2011 at 11:03 am
  • Reply pasha

    hahahhaa,. makasihhh PR q selesasiiii

    November 8, 2011 at 2:41 pm
  • Reply Jufent harefa

    jd gk repot q deh cari-2 tugas akhrx dpt jg d’sn.
    Wkwkwk

    November 9, 2011 at 5:36 pm
  • Reply rany keupung

    mkziii bwdtt contoh resensinyaa, jadinya skrg udah ngertii gmnaa yg nmanya resensi.

    November 9, 2011 at 6:21 pm
  • Reply Tiara Novita

    Coba diceritain dengan jelas siech… pengen baca nich… 😀

    November 12, 2011 at 9:01 am
  • Reply wahyu wija atmika

    makasiii buanyakk dach ringanin beban q buat tgaazz

    November 13, 2011 at 12:18 am
  • Reply dziedh

    thanks.. tugas jadii beress..

    November 13, 2011 at 8:37 am
  • Reply Arie s0viana

    5kceh yaw..
    Jd tw bnyank tentang n0vel..:-)

    November 16, 2011 at 7:23 pm
  • Reply tajuddin

    aq suka novel

    November 17, 2011 at 2:32 pm
  • Reply echy

    kekurangan dan kelebihan novel ini apa?

    November 17, 2011 at 3:56 pm
  • Reply Amoy

    alur crita ny m’nrik jga…
    konflik yg trjdi agk rumit n m’ngangkn tpi konflik sprti itu sdah sring terjadi…

    November 17, 2011 at 4:55 pm
  • Reply Amoy

    ma kasih…
    berkat resensi ini akk bsa s’lesai kn tgas akk dgn baik …
    thx u buat novel s’andai ny akk bleh m’milih…

    November 17, 2011 at 5:47 pm
  • Reply cinta q

    makasih yaaa 😀

    November 18, 2011 at 10:18 pm
  • Reply irfan

    makasiihh

    November 19, 2011 at 10:40 pm
  • Reply tatang katro

    makasi y,,,tgas smstrqu terpeuhi

    November 22, 2011 at 6:12 am
  • Reply Daraka

    tq bro

    November 22, 2011 at 2:08 pm
  • Reply mHinNAa

    adUH….cAPek juga ya…… mAKkcHiiiiiiii ya………

    November 23, 2011 at 7:04 pm
  • Reply wizmilak

    mkacih ea ataz novel nya….

    November 23, 2011 at 7:41 pm
  • Reply cac schreme slemania

    thankyu berat mas berooooooooo !!!!!!!!!!!!!!!!

    November 23, 2011 at 9:18 pm
  • Reply rahman

    makasih ya,,,,,semua tugas ku selesai!!!

    November 23, 2011 at 9:33 pm
  • Reply aayu screwyy

    Maksih yhaa atas resensinya . . itu sangatt mmbntuu bangatt . .

    November 24, 2011 at 9:10 am
  • Reply okta ade pratama

    makasih yaa udah bantu ngeringanin tugas bahasa indonesia aku 🙂

    November 24, 2011 at 3:41 pm
  • Reply uswatun hasanah

    mksh ea,,,

    November 24, 2011 at 3:42 pm
  • Reply fefen

    trima kasih yah tlah membntu aku utk membuat resensi

    November 24, 2011 at 9:04 pm
  • Reply inez

    waw thatz greeet

    November 25, 2011 at 1:26 pm
  • Reply aan

    thank………………..

    November 26, 2011 at 4:48 pm
  • Reply Sara

    terima kasih banget buat contoh resensinya X)
    sangat membantu

    November 27, 2011 at 11:30 am
  • Reply tiara

    makasihhh, udh bntuu

    November 28, 2011 at 5:37 pm
  • Reply Yustisa

    aduh aku mau novel <3

    November 29, 2011 at 7:10 am
  • Reply Yhiie

    Thansk bnget ea,resensi.a dah bantuin nylesain tgs semester gw . . . .

    November 29, 2011 at 7:32 pm
  • Reply Allex.s

    Makasih atas contoh n0vel nya,cekarang Q dah bisa ngeresensi n0vel , , ,

    November 29, 2011 at 9:03 pm
  • Reply witri cubby

    Ufftt ,, akhirnya .. thankz 🙂

    November 29, 2011 at 9:04 pm
  • Reply diaN pawitri suherman

    makacihhh …
    allhamdullilah yahh ,, “sesuatu” :*
    😀

    November 29, 2011 at 9:06 pm
  • Reply lindaa

    makasih banget yaa, ngebantu banget nih 🙂

    November 30, 2011 at 10:20 pm
  • Reply Inggrid Syagori

    Bagus bangetttt 🙂

    December 1, 2011 at 2:10 pm
  • Reply Sem

    Jelas dimengerti sekali resensinya !!

    December 1, 2011 at 5:24 pm
  • Reply fendi

    makasi yaaakhirx tgasqselesaijgaaaa

    December 1, 2011 at 7:10 pm
  • Reply said

    thanks yaa.. uda bantu tugas ku.. 😀

    December 2, 2011 at 1:19 pm
  • Reply Zma Chéng Xu

    Mkasih.. Rsensi’y aq co past y!

    December 3, 2011 at 7:45 am
  • Reply ArViie Ssi SeNoto ObOy

    . Thanks bgtt buatt resensiinya.. Udaa bantu bangett buat tugaz akhirr inii.. 🙂 🙂

    December 5, 2011 at 9:43 am
  • Reply agoonk

    thanxxxxx !!!

    December 8, 2011 at 7:14 pm
  • Reply choyumm

    Thanks bget za uda bntu slsain tugas aq…

    December 9, 2011 at 5:43 pm
  • Reply chaezma

    huuffff qw msi btuh cntoh resensi novel

    December 11, 2011 at 1:21 pm
  • Reply chaezma

    lg dunk rsensi nvel.x

    December 11, 2011 at 1:27 pm
  • Reply Aviva

    reesensinya bagus sekali…..

    ======================
    Coba pakai aplikasi seperto Sort Shots for iPad

    December 13, 2011 at 11:40 am
  • Reply ephye

    resensix keren bgt…

    December 13, 2011 at 11:43 am
  • Reply echaz

    mkciiiiiih…

    December 15, 2011 at 12:31 pm
  • Reply chantiiie

    thankz dha bntu..

    December 15, 2011 at 12:32 pm
  • Reply marlina

    .ufd ..
    .brkat noveL ne
    .tgaz ak slsaii ..
    .thank’s bgt iia ..

    December 16, 2011 at 8:53 pm
  • Reply dicky

    makasih

    December 20, 2011 at 5:59 pm
  • Reply mycha

    dengan bantuan novel ini tugas-tugas aku slesai
    TERIMA KASIH

    December 22, 2011 at 5:36 pm
  • Reply pobersonic

    Tambahan :

    Resensi novel Perjalanan Cinta di Negri Tetangga
    Judul :My First Tri Angel Love

    December 28, 2011 at 11:41 am
  • Reply Dea

    makasi dh bantu
    akhirnya tugas ku bsa slesai jga 😀

    January 5, 2012 at 3:29 pm
  • Reply fredrick

    makasih yah….

    January 17, 2012 at 8:42 pm
  • Reply rieska

    mksi tugasku selesai juga ni…

    January 21, 2012 at 8:01 pm
  • Reply giat

    terima kasih yah,… ini sangat membantu dalam menyelesaiakan tugas ku

    January 22, 2012 at 4:25 pm
  • Reply frank

    thanxs dh buat web ini!!!
    tugas i am udah selesai…. 😀

    January 26, 2012 at 9:29 am
  • Reply tania

    makash da nliz novelnya….

    January 31, 2012 at 8:21 pm
  • Reply aoleng

    asyyyyyyiik……………..

    January 31, 2012 at 8:25 pm
  • Reply anty

    mksh ya buat resensinya keren bgd .
    akhirnya tugas qu selesai jga,,,

    February 3, 2012 at 10:46 pm
  • Reply agus

    thanks buat pengarang..buku ini sangat membantu saya dalam menumbuhkkan inspirasi

    February 9, 2012 at 5:57 pm
  • Reply vonny

    Thanks,, Resensi novelnya ngebantu banget,,

    February 19, 2012 at 8:54 pm
  • Reply ipank

    thankyou very much…

    February 21, 2012 at 2:10 pm
  • Reply Cha_cha

    makasi byk, tgsQ akhirx slese jg,,, 🙂

    March 7, 2012 at 3:22 pm
  • Reply eko cahyono

    saya penggemar berat mira w, buku pertama yang saya baca adalah masih ada kereta yang akan lewat, setelah itu aku nge fans banget ma bunda mira w. saya punya sekitar 50 buku mira w. bagi yang ingin atau berminat bisa menghubungi saya . gratis. hubungi eko cahyono di 085646455384

    March 7, 2012 at 9:10 pm
  • Reply rudi

    thx resensi na

    March 19, 2012 at 1:31 pm
  • Reply yosi

    thanks dh bantu tugas ku

    March 31, 2012 at 4:24 pm
  • Reply aldo

    makasih resensi q bs ngerjain prku jg jd ngga dihukum

    April 19, 2012 at 6:58 pm
  • Reply pramandika

    terima kasih saya sudah di bantu

    May 2, 2012 at 9:20 pm
  • Reply Firdha Gokil

    makasih banget atas resensinya.. aku jadi ngerti gimana resensi itu..
    maklumlah, penulis pemula.. butuh banyak lagi pelajaran

    May 5, 2012 at 12:49 pm
  • Reply Fahmii brahmana

    Terima kasih banyak coy !!
    akhirnya tugas gw kellar juga niih !! 🙂

    May 12, 2012 at 2:35 am
  • Reply nine

    makasi ya,
    alhamdulillah tugas kelar

    May 13, 2012 at 6:09 pm
  • Reply ammach

    trimaksih yy untuk infrmasinya 🙂

    July 26, 2012 at 7:49 am
  • Reply tyan

    makacih bnget untuk sarannya…..

    August 11, 2012 at 9:59 am
  • Reply aqin

    ., suwun ngge resensi.ne.,..

    September 1, 2012 at 11:04 am
  • Reply kekez joishindi keirena

    tq 4 resension.
    dengan ini aku bisa memenuhi tgs b.indo n nambah ilmu hehehehe 🙂

    October 5, 2012 at 9:28 pm
  • Reply GLD

    TQ,, UDAH BANTU TUGAS AQUW,,,,

    October 12, 2012 at 8:16 pm
  • Reply badboyz

    Apa cuma gw orang disini yang ke sini cuma buat tugas

    October 22, 2012 at 1:36 pm
  • Reply badboyz

    kurang dikit nih resensinya

    October 22, 2012 at 1:38 pm
  • Reply sabrianto

    makasih kk 🙂

    April 5, 2013 at 7:15 pm
  • Reply nia apriana

    makasi aea atas info x tentang risensi ni,,

    September 16, 2013 at 7:02 pm
  • Reply Annisa

    Bisa minta tolong nggak?? tolong resensiin novel mira w yang judulnya serpihan cinta bipolar

    November 3, 2013 at 12:39 pm
  • Reply Andhika

    Maturnuwun banget tugas ku selesai

    February 12, 2014 at 7:00 pm
  • Leave a Reply

    You may also like