Pertarungan Tablet terus berlanjut, kali ini hadir Apple iPad 2 dan Motorola Xoom. Keduanya memiliki fitur yang high end dan tentunya mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing. Manakah diantara keduany yang layak dipilih, berikut ini beberapa perbandingan dan tentunya kelebihan dan kekurangan dari iPad 2 dan Motorola Xoom

Sistem Operasi – yang pertama dijadikan patokan adalah sistem operasi. iPad 2 hadir memakai sistem operasi Apple iOS sedangkan Motorola Xoom menggunakan Sistem Operasi Android 3.0 Honeycomb yang merupakan versi Android yang didesain khusus untuk Tablet dan bahkan Motorola Xoom boleh dibilang sebagai Tablet pertama yang memakai sistem operasi Android Honeycomb.

Layar – Motorola Xoom hadir dengan layar 10.1 inch seukuran layar Netbook sedangkan Apple iPad mempunyai layar lebih kecil yaitu 9.7 inch. Dari sisi resolusi pun Apple iPad hanya mampu menampilkan resolusi 1024×768 Pixel sedangkan Motorola Xoom 1280×800, jadi untuk tampilan Motorola Xoom akan sedikit lebih baik dibandingkan dengan Apple iPad 2. Dari sisi design, Apple iPad 2 tebalnya hanya 8.8 mm sedangkan Motorola Xoom lebih tebal sedikit yakni 12.7 mm.

Prosesor – jangan lupakan juga prosesor, karena inilah yang menentukan performance dan kinerja dari tablet yang kita gunakan. Keduanya baik Motorola Xoom maupun Apple iPad 2 sama menggunakan prosesor 1 GHz, jika Apple iPad 2 memakai prosesor Dual Core A5 maka Motorola Zooom memakai Prosesor NVIDIA Tegra 2

RAM – besarnya memori RAM akan berpengaruh terhadap kinerja grafis, multitasking dan tentunya saat bermain game. Motorola XOOM tak perlu diragukan lagi karena sudah dilengkapi RAM 1GHz, sedangkan iPad 2 hanya memori RAM hanya setengahnya yakni Cuma 512Mhz.

Ruang Penyimpanan Data – Apple iPad 2 tersedia dalam beberapa pilihan memori mulai dari 16GB, 32GB sampai 64GB sedangkan Motorola Xoom hanya tersedia dengan memori 32GB.

Kamera – dari sisi kamera Motorola Xoom tak diragukan lagi memiliki kamera yang lebih baik yakni 2 Megapixel sedangkan Apple iPad 2 kualitas Kameranya hanya VGA.

Aplikasi dan Kompabilitas Software – dari sisi software jelas Apple iPad 2 lebih unggul karena telah didukung dengan ribuan Aplikasi ( lebih dari 50.000 aplikasi tersedia untuk iPad), sedangkan Motorola Xoom karena menggunakan Sistem Operasi Android 3.0 Honeycomb yang didesain khusus untuk Tablet tentunya aplikasi yang tersedia masih terbatas yang mendukung sepenuhnya Android 3.0 Honeycomb.

Kesimpulan :

  1. Dari segi ketersediaan aplikasi, tentunya Apple iPad 2 bisa dijadikan pilihan terbaik dibandingkan Motorola Xoom, karena untuk saat ini akan sedikit sulit menemukan aplikasi yang kompetibel dengan Motorola Xoom.
  2. Jika Anda suka bermain game, maka Motorola Xoom layak dijadikan alternatif karena telah dilengkapi memori RAM dua kali lipat dibandingkan Apple iPad 2, sehingga tentunya bermain game di Motorola Xoom akan lebih nyaman
  3. Kalau, Anda lebih mementingkan Kamera, Motorola Xoom juga bisa dipilih karena memiliki kamera yang lebih baik dibandingkan dengan Apple iPad 2
  4. Namun, jika Anda lebih mementingkan gengsi dan nama besar Apple, maka iPad 2 bisa dipilih dibandingkan Motorola Xoom. Seperti kita ketahui penjualan Apple iPad 2 jauh diatas Motorola Xoom, dan perlu diingat memakai produk Apple, tak bisa dipungkiri bisa meningkatkan gengsi kita, karena kesan mewah dan lux dari produk Apple.
loading...

Related Posts: