Kumis Kucing (Orthosiphon grandiflarus)
Khasiat dari kumis kucing diantaranya dapat mengobati kencing batu. Caranya ambil beberapa tangkai, daun dan bunganya, bersihkan dan keringkan di bawah sinar matahari, kemudian rebus dengan air 1,5 liter hingga menjadi 1 liter. Dinginkan di fresher dan minum 3 kali sehari. Kumis kucing mengandung glukosid, ortosifonim, zat samak, minyak atsiri, minyak lemak saponim.

Kemuning (Murraya paniculata)
Kemuning mengandung tanin, flavonoid, steroid dan alkaloid. Berguna untuk penurun kolesterol caranya sediakan 20 gr daun kemuning segar, direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air, lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Minum 3 kali sehari

Lengkuas (Languas galanga)
Kandungan kimianya adalah minyak atsiri, kaempfena, galangun, galangol yang menghasilkan sineol pineun dan eugenol. Lengkuas dapat digunakan untuk obat mencret mules, gangguan limfa yang membesar, mual-mual kolik usus dan obat penyakit herfes. Caranya rimpang lengkuas diparut, kemudian diperas diambil saripatinya atau hasil parutan tersebut tidak perlu diperas tapi langsung diseduh  dengan air panas lantas minumkan pada si sakit.

loading...

Related Posts:

  • No Related Posts