Nesaci Blog

Sejarah Lengkap Kerajaan Majapahit

Letak Geografis
Secara geografis letak kerajaan Majapahit sangat strategis karena adanya di daerah lembah sungai yang luas, yaitu Sungai Brantas dan Bengawan Solo, serta anak sungainya yang dapat dilayari sampai ke hulu.

Sejarah Terbentuknya Kerajaan Majapahit
Pada saat terjadi serangan Jayakatwang, Raden Wijaya bertugas menghadang bagian utara, ternyata serangan yang lebih besar justru dilancarkan dari selatan. Maka ketika Raden Wijaya kembali ke Istana, ia melihat Istana Kerajaan Singasari hampir habis dilalap api dan mendengar Kertanegara telah terbunuh bersama pembesar-pembesar lainnya. Akhirnya ia melarikan diri bersama sisa-sisa tentaranya yang masih setia dan dibantu penduduk desa Kugagu. Setelah merasa aman ia pergi ke Madura meminta perlindungan dari Aryawiraraja. Berkat bantuannya ia berhasil menduduki tahta, dengan menghadiahkan daerah tarik kepada Raden Wijaya sebagai daerah kekuasaannya. Ketika tentara Mongol datang ke Jawa dengan dipimpin Shih-Pi, Ike-Mise, dan Kau Hsing dengan tujuan menghukum Kertanegara, maka Raden Wijaya memanfaatkan situasi itu untuk bekerja sama menyerang Jayakatwang. Setelah Jayakatwang terbunuh, tentara Mongol berpesta pora merayakan kemenanganya. Kesempatan itu pula dimanfaatkan oleh Raden Wijaya untuk berbalik melawan tentara Mongol, sehingga tentara Mongol terusir dari Jawa dan pulang ke negrinya. Maka tahun 1293 Raden Wijaya naik tahta dan bergelar Sri Kertajasa Jayawardhana.

Raja-raja Majapahit
Kertajasa Jawardhana (1293 – 1309)
Merupakan pendiri kerajaan Majapahit, pada masa pemerintahannya, Raden Wijaya dibantu oleh mereka yang turut berjasa dalam merintis berdirinya Kerajaan Majapahit, Aryawiraraja yang sangat besar jasanya diberi kekuasaan atas sebelah Timur meliputi daerah Lumajang, Blambangan. Raden Wijaya memerintah dengan sangat baik dan bijaksana. Susunan pemerintahannya tidak berbeda dengan susunan pemerintahan Kerajaan Singasari.

Raja Jayanegara (1309-1328)
Kala Gemet naik tahta menggantikan ayahnya dengan gelar Sri Jayanegara. Pada Masa pemerintahannnya ditandai dengan pemberontakan-pemberontakan. Misalnya pemberontakan Ranggalawe 1231 saka, pemberontakan Lembu Sora 1233 saka, pemberontakan Juru Demung 1235 saka, pemberontakan Gajah Biru 1236 saka, Pemberontakan Nambi, Lasem, Semi, Kuti dengan peristiwa Bandaderga. Pemberontakan Kuti adalah pemberontakan yang berbahaya, hampir meruntuhkan Kerajaan Majapahit. Namun semua itu dapat diatasi. Raja Jayanegara dibunuh oleh tabibnya sendiri yang bernama Tanca. Tanca akhirnya dibunuh pula oleh Gajah Mada.

Tribuwana Tunggadewi (1328 – 1350)
Raja Jayanegara meninggal tanpa meninggalkan seorang putrapun, oleh karena itu yang seharusnya menjadi raja adalah Gayatri, tetapi karena ia telah menjadi seorang Bhiksu maka digantikan oleh putrinya Bhre Kahuripan dengan gelar Tribuwana Tunggadewi, yang dibantu oleh suaminya yang bernama Kartawardhana. Pada tahun 1331 timbul pemberontakan yang dilakukan oleh daerah Sadeng dan Keta (Besuki). Pemberontakan ini berhasil ditumpas oleh Gajah Mada yang pada saat itu menjabat Patih Daha. Atas jasanya ini Gajah Mada diangkat sebagai Mahapatih Kerajaan Majapahit menggantikan Pu Naga. Gajah Mada kemudian berusaha menunjukkan kesetiaannya, ia bercita-cita menyatukan wilayah Nusantara yang dibantu oleh Mpu Nala dan Adityawarman. Pada tahun 1339, Gajah Mada bersumpah tidak makan Palapa sebelum wilayah Nusantara bersatu. Sumpahnya itu dikenal dengan Sumpah Palapa, adapun isi dari amukti palapa adalah sebagai berikut :”Lamun luwas kalah nusantara isum amakti palapa, lamun kalah ring Gurun, ring Seram, ring Sunda, ring Palembang, ring Tumasik, samana sun amukti palapa”. Kemudian Gajah Mada melakukan penaklukan-penaklukan.

Hayam Wuruk
Hayam Wuruk naik tahta pada usia yang sangat muda yaitu 16 tahun dan bergelar Rajasanegara. Di masa pemerintahan Hayam Wuruk yang didampingi oleh Mahapatih Gajah Mada, Majapahit mencapai keemasannya. Dari Kitab Negerakertagama dapat diketahui bahwa daerah kekuasaan pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, hampir sama luasnya dengan wilayah Indonesia yang sekarang, bahkan pengaruh kerajaan Majapahit sampai ke negara-negara tettangga. Satu-satunya daerah yang tidak tunduk kepada kekuasaaan Majapahit adalah kerajaan Sunda yang saat itu dibawah kekuasaan Sri baduga Maharaja. Hayam Wuruk bermaksud mengambil putri Sunda untuk dijadikan permaisurinya. Setelah putri Sunda (Diah Pitaloka) serta ayahnya Sri Baduga Maharaja bersama para pembesar Sunda berada di Bubat, Gajah Mada melakukan tipu muslihat, Gajah Mada tidak mau perkawinan Hayam Wuruk dengan putri Sunda dilangsungkan begitu saja. Ia menghendaki agar putri Sunda dipersembahkan kepada Majapahit (sebagai upeti). Maka terjadilah perselisihan paham dan akhirnya terjadinya perang Bubat. Banyak korban dikedua belah pihak, Sri Baduga gugur, putri Sunda bunuh diri.

Tahun 1364 Gajah Mada meninggal, Kerajaan Majapahit kehilangan seorang mahapatih yang tak ada duanya. Untuk memilih penggantinya bukan suatu pekerjaan yang mudah. Dewan Saptaprabu yang sudah beberapa kali mengadakan sidang untuk memilih pengganti Gajah Mada akhirnya memutuskan bahwa Patih Hamungkubhumi Gajah Mada tidak akan diganti “untuk mengisi kekosongan dalam pelaksanaan pemerintahan diangkat Mpu Tandi sebagais Wridhamantri, Mpu Nala sebagai menteri Amancanegara dan patih dami sebagai Yuamentri. Raja Hayam Wuruk meninggal pada tahun 1389.

Wikramawardhana
Putri mahkota Kusumawardhani yang naik tahta menggantikan ayahnya bersuamikan Wikramawardhana. Dalam prakteknya Wikramawardhanalah yang menjalankan roda pemerintahan. Sedangkan Bhre Wirabhumi anak Hayam Wuruk dari selir, karena Bhre Wirabhumi (Putri Hayam Wuruk) dari selir maka ia tidak berhak menduduki tahta kerajaan walaupun demikian ia masih diberi kekuasaan untuk memerintah di Bagian Timur Majapahit , yaitu daerah Blambangan. Perebutan kekuasaan antara Wikramawardhana dengan Bhre Wirabhumi disebut perang Paregreg.

Wikramawardhana meninggal tahun 1429, pemerintahan raja-raja berikutnya berturut-turut adalah Suhita, Kertawijaya, Rajasa Wardhana, Purwawisesa dan Brawijaya V, yang tidak luput ditandai perebutan kekuasaan.

Sumber Sejarah
Sumber sejarah mengenai berdiri dan berkembangnya kerajaan Majapahit berasal dari berbagai sumber yakni :

Prasasti Butok (1244 tahun). Prasasti ini dikeluarkan oleh Raden Wijaya setelah ia berhasil naik tahta kerajaan. Prasasti ini memuat peristiwa keruntuhan kerajaan Singasari dan perjuangan Raden Wijaya untuk mendirikan kerajaan

Kidung Harsawijaya dan Kidung Panji Wijayakrama, kedua kidung ini menceritakan Raden Wijaya ketika menghadapi musuh dari kediri dan tahun-tahun awal perkembangan Majapahit

Kitab Pararaton, menceritakan tentang pemerintahan raja-raja Singasari dan Majapahit

Kitab Negarakertagama, menceritakan tentang perjalanan Rajam Hayam Wuruk ke Jawa Timur.

Kehidupan Politk
Majapahit selalu menjalankan politik bertetangga yang baik dengan kerajaan asing, seperti Kerajaan Cina, Ayodya (Siam), Champa dan Kamboja. Hal itu terbukti sekitar tahun 1370 – 1381, Majapahit telah beberapa kali mengirim utusan persahabatan ke Cina. Hal itu diketahui dari berita kronik Cina dari Dinasti Ming.

Raja kerajaan Majapahit sebagai negarawan ulung juga sebagai politikus-politikus yang handal. Hal ini dibuktikan oleh Raden Wiajaya, Hayam Wuruk, dan Maha Patih Gajahmada dalam usahanya mewujudkan kerajaan besar, tangguh dan berwibawa. Struktur pemerintahan di pusat pemerintahan Majapahit :

1. Raja
2. Yuaraja atau Kumaraja (Raja Muda)
3. Rakryan Mahamantri Katrini

a. Mahamantri i-hino
b. Mahamantri i –hulu
c. Mahamantri i-sirikan

4. Rakryan Mahamantri ri Pakirakiran

a. Rakryan Mahapatih (Panglima/Hamangkubhumi)
b. Rakryan Tumenggung (panglima Kerajaan)
c. Rakryan Demung (Pengatur Rumah Tangga Kerajaan)
d. Rakryan Kemuruhan (Penghubung dan tugas-tugas protokoler) dan
e. Rakryan Rangga (Pembantu Panglima)

5. Dharmadyaka yang diduduki oleh 2 orang, masing-masing dharmadyaka dibantu oleh sejumlah pejabat keagamaan yang disebut Upapat. Pada masa hayam Wuruk ada 7 Upapati.

Selain pejabat-pejabat yang telah disebutkan dibawah raja ada sejumlah raja daerah (paduka bharata) yang masing-masing memerintah suatu daerah. Disamping raja-raja daerah adapula pejabat-pejabat sipil maupun militer. Dari susunan pemerintahannya kita dapat melihat bahwa sistem pemerintahan dan kehidupan politik kerjaan Majapahit sudah sangat teratur.

Kehidupan Sosial Ekonomi dan Kebudayaan
Hubungan persahabatan yang dijalin dengan negara tentangga itu sangat mendukung dalam bidang perekonomian (pelayaran dan perdagangan). Wilayah kerajaan Majapahit terdiri atas pulau dan daerah kepulauan yang menghasilkan berbagai sumber barang dagangan.

Barang dagangan yang dipasarkan antara lain beras, lada, gading, timah, besi, intan, ikan, cengkeh, pala, kapas dan kayu cendana.

Dalam dunia perdagangan, kerajaan Majapahit memegang dua peranan yang sangat penting.
Sebagai kerajaan Produsen – Majapahit mempunyai wilayah yang sangat luas dengan kondisi tanah yang sangat subur. Dengan daerah subur itu maka kerajaan Majapahit merupakan produsen barang dagangan.

Sebagai Kerajaan Perantara – Kerajaan Majapahit membawa hasil bumi dari daerah yang satu ke daerah yang lainnya. Keadaan masyarakat yang teratur mendukung terciptanya karya-karya budaya yang bermutu. bukti-bukti perkembangan kebudayaan di kerajaan Majapahit dapat diketahui melalui peninggalan-peninggalan berikut ini :

Candi : Antara lain candi Penataran (Blitar), Candi Tegalwangi dan candi Tikus (Trowulan).

Sastra : Hasil sastra zaman Majapahit dapat kita bedakan menjadi
Sastra Zaman Majapahit Awal

  • Kitab Negarakertagama, karangan Mpu Prapanca
  • Kitab Sutasoma, karangan Mpu Tantular
  • Kitab Arjunawiwaha, karangan Mpu Tantular
  • Kitab Kunjarakarna
  • Kitab Parhayajna

Sastra Zaman Majapahit Akhir

  • Hasil sastra zaman Majapahit akhir ditulis dalam bahasa Jawa Tengah, diantaranya ada yang ditulis dalam bentuk tembang (kidung) dan yang ditulis dalam bentuk gancaran (prosa). Hasil sastra terpenting antara lain :
  • Kitab Prapanca, isinya menceritakan raja-raja Singasari dan Majapahit
  • Kitab Sundayana, isinya tentang peristiwa Bubat
  • Kitab Sarandaka, isinya tentang pemberontakan sora
  • Kitab Ranggalawe, isinya tentang pemberontakan Ranggalawe
  • Panjiwijayakrama, isinya menguraikan riwayat Raden Wijaya sampai menjadi raja
  • Kitab Usana Jawa, isinya tentang penaklukan Pulau Bali oleh Gajah Mada dan Aryadamar, pemindahan Keraton Majapahit ke Gelgel dan penumpasan raja raksasa bernama Maya Denawa.
  • Kitab Usana Bali, isinya tentanng kekacauan di Pulau Bali.

Selain kitab-kitab tersebut masih ada lagi kitab sastra yang penting pada zaman Majapahit akhir seperti Kitab Paman Cangah, Tantu Pagelaran, Calon Arang, Korawasrama, Babhulisah, Tantri Kamandaka dan Pancatantra.

Related Posts:

Category: Catatan Harian
  • diella says:

    Mpu Nala sebagai menteri Amancanegara dan patih dami sebagai Yuamentri. Raja Hayam Wuruk meninggal pada tahun 1989.bisa dtwar gak jd 1985

    September 30, 2011 at 3:10 pm
  • arif says:

    meninggal 1389 kalee

    November 10, 2011 at 2:47 pm
  • ririn says:

    mksh yaa ats infonya sangat membantu……….!!!! :)

    December 3, 2011 at 8:35 pm
  • Hafizah Widya Amalia says:

    Hmmmm…
    lengkap banget…
    Ditambah lagi yha, artikelnya…
    ^_^

    December 4, 2011 at 2:41 pm
  • Caesar Ricardo says:

    Lengkap banget bos ..
    tapi gak ada kesimpulannya ..
    kalo ada mantap banget lah ..

    December 6, 2011 at 4:16 pm
  • Rifqi Yaqob says:

    Lumayan, tetapi harus ada kepastian yang dapat dipertanggungjawabkan.
    karena sampai sekarang masih banyak cerita2 yang simpang siur kebenaran sejarahnyanya.
    apalagi mereka hanya sekedar membaca tanpa mengoreksi riset yang telah ditelitinya.

    December 6, 2011 at 7:13 pm
  • narta says:

    gak salah tuh masa hayam wuruk meninggal tahun 1989 baru aja donk

    ===============
    Salah ketik :D

    December 10, 2011 at 1:04 pm
    • anto says:

      bukan tahun 2011 kemarin kah ????

      August 13, 2012 at 11:22 am
  • Fiki says:

    Wah keren tuch sumpahnya Gajah Mada sumpah palapa.
    Cpa yg tw no handphone gajah mada hubungi aku ea

    December 20, 2011 at 10:36 pm
  • chechep says:

    ad yg tau sbnarx kerajaan majapahit itu d telan bumi atw msh ada peninggalanx??dmna??

    December 23, 2011 at 8:19 pm
    • sang kawulo says:

      masih ada gan,,tunggu aja suatu saat akan muncul kembali.

      July 11, 2012 at 12:09 am
  • bayu says:

    gajah mada meninggal tahun berapa..?

    December 28, 2011 at 2:48 pm
  • dhestry achix says:

    kata’y kan ada 8 perang yang terjadi di kerajaan majapahit dan apa saja pennyebab’y….?

    January 5, 2012 at 4:01 pm
  • ariektrox says:

    bagaimana dngan sejarh hutan tarik ……

    January 16, 2012 at 9:02 am
  • komang says:

    saya suka sejarah majapahit

    January 16, 2012 at 11:42 am
  • pingki laela says:

    wah bagus ug y kt hrus bngga pd krajaan in

    January 16, 2012 at 8:13 pm
  • Rd.Moh.Syahdan says:

    Bila ada anak keturunan Raja Majapahit terakhir silahkan email saya. Karena saya punya silsilah keturunan raja majapahit terakhir dari alm kakek ( Rd.Soedjoko Sastrodiwidjojo ) yg juga merupakan keturunan dr garis yg sama. Semoga terkumpul dari yang terserak..

    January 27, 2012 at 3:49 pm
    • dodo says:

      Selamat siang bisa minta alamat emailnya ato FB mungkin kita bisa tukar informasi email saya dodoeunique@yahoo.com FB widodo eunique , widodo dwi purwono.

      Salam

      Dodo

      March 9, 2012 at 2:49 pm
    • Mohd shahbani mohammad says:

      Assalammualaikum,

      Saya shahbani dari kuala Lumpur, Malaysia. Saya ade masukan silsilah keturunan di dalam geni.com….tp tidak berapa lengkap. Kalau boleh dikongsikan bersama silsilah keluar tersebut bersama kami di Malaysia.

      FB: Shahbani Mohammad
      Twiter: Shahbani

      June 6, 2012 at 11:21 pm
      • ardhi lombok ntb says:

        coba aja kita satukan silisilah insyaallah yang terserak akan bisa terkumpul atas ijin Allah SWT Kun fa ya kun

        October 11, 2012 at 11:51 am
    • ardhi lombok ntb says:

      saya tidak tahu yang mana dikatakan keturunan terakhir, kalau dari silisilah yang ada pada kami (dari Pangeran Anggabaya) kalau bisa disatukan kenapa gak yaa…karena kami juga mungkin bagian yang teserak mudahan bisa..Buyut kami bernama Rd Khasan Soemito tinggal di Lombok NTB.

      October 11, 2012 at 11:46 am
    • Dyah Noviandhini says:

      Yth.Rd Moh Syahdan, saya sangat tertarik mengetahui dan menelusuri silsilah keturunan terakhir raja Majapahit dan Mataram. Menurut cerita kakek buyut masih mempunyai keturunan raja Majapahit dan Mataram, tapi saya tidak tau mencari sumber kebenarannya dari mana. semua sdh meninggal.Ayah dan kakek buyut asli Mojokerto. mohon dibantu informasinya. saya bisa dihubungi di email alrenovtra@gmail.com atau fb Salfanov@gmail.com. makasih, salam.

      June 17, 2013 at 6:03 pm
    • R.Harry P.Oetomo says:

      Dear teman, saya putra dari R.Bambang Wahjoedi putra dari R Pudjo Warsito,menurut crita ayah sy eyang pujo dimakamkan di daerah klw nggak salah di setinggil mojokerta dan masih keturunan majapahit,mohon informasi siapakah ayah kakek saya dan mudah2an terdaftar dibuku silsilah,lokasi saya di Jakarta, trima kasih infonya.

      October 29, 2013 at 10:20 pm
  • avi says:

    bagus banget artikelnya

    January 29, 2012 at 12:00 pm
  • andika candra k.w says:

    i like this artikel !!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    January 30, 2012 at 5:55 am
  • nita says:

    like this

    February 1, 2012 at 1:54 pm
  • rafi says:

    like this yo

    February 1, 2012 at 7:51 pm
  • adhe says:

    aq ska banget kerajaan majapahit
    bagus yhag…!!!

    February 4, 2012 at 5:29 pm
  • ani sii dani says:

    keran ea crita nya

    I Like This Artikel History

    February 9, 2012 at 10:18 am
  • rio says:

    wah harus ditingkatkan nih tentang sejarah di INDONESIA…..

    February 20, 2012 at 6:37 pm
  • widya says:

    kerennn lengkappp, kapan – kapan yang tambah bnyk ya

    February 20, 2012 at 6:45 pm
  • adit says:

    bagus lengkap ! sekarang erajaan maja pahit masih adaa

    February 21, 2012 at 1:55 pm
  • Re Zubairi El-Basri says:

    Sekedar Koreksi: seingat saya pemberontakan Ranggalawe, Lembu Sora, Juru Demung, dan Gajah Biru terjadi di masa pemerintahan Kertarajasa Jayawardana (R. Wijaya)…

    February 25, 2012 at 9:54 pm
  • michael says:

    wah lumayan bagus nich perlu di kembangkan dengan menggunakan foto biar lebih lengkap

    February 28, 2012 at 4:51 pm
  • uje says:

    trimakasih atas infonya

    March 7, 2012 at 2:16 pm
  • deris says:

    lengkap banget, makasihya :)

    March 21, 2012 at 8:46 pm
  • Adinda K A says:

    Emm, kitab Arjunawiwaha bukannya yg ngarang itu Mpu Kanwa ya? Mohon dikoreksi :)

    March 23, 2012 at 2:53 pm
  • nanang says:

    mantap gan…!!!
    kalo boleh tau sejarah ini sumbernya dari mana y………….???

    April 1, 2012 at 7:51 pm
  • marckuz pandu says:

    minta alamat lengkap napak tilas krajaan majapahit dunx

    April 2, 2012 at 11:14 am
  • fugitve plan b says:

    waduh puyeng.

    April 11, 2012 at 9:53 am
  • mala says:

    waw :)

    April 13, 2012 at 1:31 pm
  • Anugerah says:

    ke jawa timur Bro lokasi paling banyak pra sejarah Mojokerto

    April 16, 2012 at 11:14 pm
  • Anugerah says:

    mojokerto tempat sejarah mojopahit

    April 16, 2012 at 11:14 pm
  • winda says:

    :) :) :) :)
    biarkanlah orng berkata apa,,
    yg pnting bsa buat belajar ank” yg msih sekolah
    wkwkwkwkwkwkwk :)

    April 18, 2012 at 10:25 am
  • ariel says:

    ya lah….^_^

    April 18, 2012 at 7:06 pm
  • putri says:

    makasih ya atas pemberitahuannya……..

    April 19, 2012 at 11:04 am
  • QORI says:

    bagussss…dehhhh…
    good luck…yaaa….

    April 19, 2012 at 11:06 am
  • Anonymus says:

    nice one…!! how did u find all the information, right now my class is studying Majapahit civilization and this piece of article helps like a LOT…

    Thx (:x

    April 24, 2012 at 4:43 pm
    • ferryl says:

      Makasih

      May 1, 2012 at 2:28 am
  • PIONZ says:

    LAH.
    ARYA KAMANDANU NYA KOQ GK ADA???

    April 28, 2012 at 6:40 pm
    • prasetya says:

      arya kamandanunya gi nyucu baju sama nyuci piring mka’a dy gak ikutan …
      hehehe :D

      January 1, 2013 at 12:06 am
  • winda says:

    sma”
    thx ya ats coment’a
    hhhhhheeeee :D

    May 10, 2012 at 11:56 am
  • imam says:

    Subhanallah ni adl pljran brharga bgi Qt biar Qt tw bhw bngsa Qt bnar2 bngsa yg besar dn ni bisa dliat dari sjrah msa lalux,malaysia yg kni sok2an m Qt dlux z mlik Majapahit

    May 13, 2012 at 6:51 pm
  • Alie says:

    Wah super bgt ternyta bngsa indo kaya rya dgn sejrah msa lalu. siip kbtuln bgt nuii ak ad tgs mklh ttg majaphit, smg aja bsk presntsinx lncar dgn bntuan dr anda,, hehe, trkch ats infoooo artkelnx…? “salam super”,!!!!

    May 14, 2012 at 10:34 am
  • dian says:

    kurang lengkap nih :’(

    May 14, 2012 at 7:02 pm
  • imam says:

    Majapahit adl Kerajaan Maritim trbesar dkwasan Asia tenggara dmn wilyahx mliputi hmpir 95% Kwasan asia tnggara.bnyak pninggln2 budya di kwsan ni yg brsal dari zman Majapahit misal wilayah klantan Malysia yg smpai saat ni bbrpa hasil kreasi rakyatx brciri khas jawa tulen,,istilah Bayangkhari dkpolisian adl nma psukn khusus pngwal raja pda wktu tu dn smpai saat ni msh dgunkn dn msh bnyak lg istilah2 lain dtubuh angktanbrsnjta Qt yg mnggunakan istilh2 dri zman Majapahit,,

    May 15, 2012 at 1:11 pm
  • Pangeran anom says:

    Pelajaran ini bisa membuka mata orang2 yang melupakan sejarah bahwa negri kita jangan di anggap remeh. Indonesia kaya akan ilmu, kaya akan budaya dan keaneka ragaman . Namun jarng di perhatikan maka sampai di aku bangsa lain sebagai kebudayaannya. Semoga Indonesia tetap jaya dengan keaneka ragaman budayanya. Walau tidak pernah diperhatikan pemimpin negri kita rakyat harus bersatu untuk melestarikan budaya kita. Agar tidak di caplok bangsa lain….. oook bro

    May 15, 2012 at 1:18 pm
    • Angling Dharma says:

      hidup mojopahit… .

      May 30, 2012 at 11:19 pm
  • kunang says:

    wah bagus dan lengkap

    May 22, 2012 at 10:16 pm
  • jeje says:

    dulu waktu kerajaan majapahit masih ada hampir seluruh wilayah asia dikuasai sekarang kerajaan majapahit gag ada wilayah indonesia semakin sempit hiks3 coba’ aja majapahit masih ada pasti indonesia makin luas wilayahnya!

    June 4, 2012 at 7:32 pm
  • syaiful says:

    sejujurnya ini merupakan artikel yang sangat berharga, kerena dapat membantu kita mengenal sejarah dan kebesaran bangsa kita, bukan kebesaran pada saat ini tetapi kebesaran dari dahulu, kalau saat ini kita hanya bisa menikmati kebesarannya tanpa merasakan bagaimana merebutnya.
    tetapi jika saya boleh usul :
    mohon di tambahkan foto-foto prasasti dan peta wilayah kekuasaannya sehingga kami tau persis kekuasaan mutlak kerajaan majapahit

    terima kasih

    syaiful

    June 11, 2012 at 9:11 am
  • jasminne says:

    ini adalah pelajaran berharga bagi saya,perjuangan raden wijaya,hayam wuruk dan mahapatih gajahmada itu patut kita hargai,karena jika tidak ada yang berjuang memperebutkan keadilan dan kebaikan,apalah arti dari suatu negara

    June 18, 2012 at 1:28 pm
  • Iqbal says:

    I Like it

    June 28, 2012 at 7:16 pm
  • Tj El Azizy says:

    Tj El Azizy aku bangga jadi orang indonesia

    July 8, 2012 at 6:11 pm
  • ray says:

    Boleh sedikit koreksi..di versi yg saya baca di Geger Sunten saat Gajah Mada menghadang Kerajaan pajajaran di Bubat itu rajanya bukan Sribaduga Maharaja tapi Prabu Lingga Buana yang anaknya bernama Dyah Pitaloka… Buyutnya Prabu Lingga Buana yaitu Sribaduga Maharaja..yang anaknya bernama Prabu Kian santang…..

    ==============
    Makasih atas koreksinya :D

    July 19, 2012 at 10:30 am
  • chbt muthia says:

    kira-kira kerajaan ny msh ad gak y…………
    bagus banget………….pas buat pr d sklh
    smog aj bgus dan dpt nilai bgus dr bpk guru d sklh :-P
    8-)

    July 25, 2012 at 7:44 pm
  • husna lukitaningtyas says:

    BERMAANFAAT Bgt…

    :D ;)

    July 26, 2012 at 7:45 pm
  • indri says:

    harus.a kan,, prasasti butak itu tahun 1294 M
    bukan 1244 M

    July 29, 2012 at 3:55 pm
  • Dicho andrea purba[diko] says:

    kami atas nama keluarga dari kerajaan majapahit yasng masih ada kami mengucapkan terima kasih atas komentar saudara-saudara sekalian.kami dari raden wijaya pendiri pertama kerajaan majapahit,dan kami juga mencari saudara2 kami dari kerajaan mataram pertama majapahit.kami mengucapkan terima kasih kepada saudara2 sekalian.kami berasal dari kota kediri jatim,bekas kreajaan majapahit sekarang adadi kota mojo kerto trowulan letaknya di daerah trowulan setau kami sekeluarga(fb imanuel_andreas@ymail.com )kami berkata jujur dukan mengada-ada kepada saudara2 sejarawan salam kami sekeluarga kerajaan majapahit.

    August 4, 2012 at 11:57 am
  • danu says:

    tanpa majapahit tak ada indonesia, maka dari itu mohon orang2 indonesia bsa mnjaga persatuan dan kesatuan yg telah lama di bangun oleh leluhur kita,, n janganlah membanggakan sifat kedaerahan pa lagi agama.. jadi sekali lagi tingkatkan persatuan dan kesatuan,, majapahit adalah cikal bakal INDONESIA..

    August 11, 2012 at 3:47 am
  • cimutess says:

    asyeeeeghh”

    August 27, 2012 at 1:50 pm
  • hermankp says:

    apa yah penyebab dari kemunduran kerajaan majaphit, tolong pang kasih tahu saya

    August 30, 2012 at 6:57 pm
  • hadid says:

    kerajaan majapahit bagus

    September 16, 2012 at 6:56 pm
  • Jabesh says:

    Wow seru juga nih ceritanya

    September 17, 2012 at 7:39 pm
  • Jabesh says:

    The longest story I’ve ever known
    (for grade 5 like me)

    September 17, 2012 at 7:41 pm
  • Jabesh says:

    :)

    September 17, 2012 at 7:41 pm
  • Gibran says:

    ok juga ! boleh kita share lebih lanjut………..?

    September 19, 2012 at 7:33 pm
  • prana says:

    aq sngat suka crita jaman kerajaan ato cerita jaman wali2..pokoknya crita jam,an dulu dech…makasi nesaci,critamu sngat hebat,,,

    October 4, 2012 at 9:44 pm
  • ananda mutiara zannah says:

    aku sangat kagum sm jaman dulu
    aku blm pernah tau cerita kerajaan majapahit
    ini kan berkat nesaci makasihyah

    October 6, 2012 at 10:57 pm
  • dewi says:

    Makasii banyakk:D

    October 13, 2012 at 8:12 pm
  • raja tega says:

    hay gan saya suka bnget kisah” kerajaan maja pahit, soalnya saya termasuk ktrunan dari buyut gajah mada (nama julukan)

    October 16, 2012 at 3:43 pm
  • inung says:

    WOWOWOW….

    October 17, 2012 at 7:52 am
  • mahzoom return says:

    yaaa lenkap si,, tp kok sinkat2 bgt ya…
    boleh tau gak apa penyebab meninggalnya patih gajahmada dan hayam wuruk… ?
    thanks…

    November 3, 2012 at 12:54 am
  • tofan says:

    bukti – bukti peninngalan mengenai meninggalnya patih gajahmada sampai sekarang masih menjadi satu misteri yang belum bisa di ungkap. matinya dimana dan kenapa. karena setelah terjadinya perang bubat terjadi perselisihan antara raja hayam wuruk dan patih gajahmada. kemudian patih gajahmada meninggalkan majapahit.

    November 3, 2012 at 10:55 am
  • nhiie says:

    kurang panjang ceritanya

    November 11, 2012 at 3:10 pm
  • reggae says:

    bru tau q…..!!!

    November 26, 2012 at 8:58 pm
  • Kadal says:

    Mendingan lo nggak tau sjarah diem aja deh cukup baca aja, ada yg ngaku kturunan gajah mada segala, mang ada yg tau gjah mada meninggal to tdak..? Lo mnggal makam nya dmana… Lo asal njeplak aja sih bnyak yg tau, tp mmang bgus kok postingan nya. Dr cah rantau jateng

    November 27, 2012 at 6:37 pm
  • muhammad aldiansyah says:

    sebaiknya tutur tinular versi lama diputar kembali dong.!

    December 2, 2012 at 9:46 pm
  • pvaidzhoh pvaidzhoh says:

    ada yang kurang dan ada sedikit yang di belokkan sejarahnya….
    coba di kaji lebih dalam lagi….

    February 19, 2013 at 7:52 am
  • elang says:

    kalau bisa ditambah tempr,tahu,telordst

    March 13, 2013 at 9:24 pm
  • widyo says:

    Raja-raja Majapahit

    Para penguasa Majapahit adalah penerus dari keluarga kerajaan Singhasari, yang dirintis oleh Sri Ranggah Rajasa, pendiri Wangsa Rajasa pada akhir abad ke-13. Berikut adalah daftar penguasa Majapahit. Perhatikan bahwa terdapat periode kekosongan antara pemerintahan Rajasawardhana (penguasa ke-8) dan Girishawardhana yang mungkin diakibatkan oleh krisis suksesi yang memecahkan keluarga kerajaan Majapahit menjadi dua kelompok[8].
    Nama Raja Gelar Tahun
    Raden Wijaya Kertarajasa Jayawardhana 1293 – 1309
    Kalagamet Sri Jayanagara 1309 – 1328
    Sri Gitarja Tribhuwana Wijayatunggadewi 1328 – 1350
    Hayam Wuruk Sri Rajasanagara 1350 – 1389
    Wikramawardhana 1389 – 1429
    Suhita Dyah Ayu Kencana Wungu 1429 – 1447
    Kertawijaya Brawijaya I 1447 – 1451
    Rajasawardhana Brawijaya II 1451 – 1453
    Purwawisesa atau Girishawardhana Brawijaya III 1456 – 1466
    Bhre Pandansalas, atau Suraprabhawa Brawijaya IV 1466 – 1468
    Bhre Kertabumi Brawijaya V 1468 – 1478
    Girindrawardhana Brawijaya VI 1478 – 1498
    Patih Udara 1498 – 1518
    http://id.wikipedia.org/wiki/Majapahit#Raja-raja_Majapahit

    March 21, 2013 at 9:02 am
  • Ihlul Nanda says:

    tambah lagi donk

    April 12, 2013 at 4:02 pm
  • Seniman says:

    Saya beprofesi sebagai komikus. Saya sedang melakukan riset tentang kerajaan-kerajaan yang pernah ada di Nusantara, termasuk Majapahit. Insyaallah, rencananya saya akan membukukan semua cerita-cerita tersebut dalam berbentuk komik namun informasi tentang sejarah kerajaan-kerajaan kita sangatlah minim. Karena itu saya meminta informasi sebanyak-banyaknya mengenai apa yang anda ketahui tentang kerajaan di Indonesia (yang belum tercatat dalam wikipedia tentunya). Dan jika diperbolehkan saya juga ingin mengetahui siapa-siapa saja yang mempunyai garis keturunan kerajaan (contoh :Keturunan Majapahit seperti yang diatas). Terimakasih.

    email : karakirikuroka@ymail.com

    April 20, 2013 at 12:42 am
  • bunga rampai says:

    nafsu pengen menaklukkan dan bertumpahan darah untuk menundukkan daerah lain. Kenapa yang begini jadi pahlawan, mana pake tipu muslihat gak bisa dipegang janjinya, malah jadi idola LOL

    May 11, 2013 at 1:08 pm
  • vania_stacia18 says:

    lengkap banget deh

    May 20, 2013 at 3:22 pm
  • dian says:

    bisa tolong cantumin referensinya nggak?

    August 31, 2013 at 9:48 am
  • shifa safira says:

    thanks untuk atas informasi ya

    November 21, 2013 at 6:13 pm

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*