Tak bisa dipungkiri windows terbaru dari Microsoft yakni Windows 7 memang lagi naik daun, apalagi dengan dukungan Laptop/Notebook terbaru yang sudah dibundel dengan Windows 7, alhasil Windows 7 pun menjadi alternatif terbaik bagi diinstal di Laptop/PC.

Nah, tips berikut ini khusus bila Anda mengalami masalah saat akan menginstal Windows 7 di Laptop atau Komputer. Error saat menginstal Windows 7 bisa disebabkan oleh berbagai faktor dan tentunya ini memerlukan kejelian tersendiri untuk bisa mendapatkan solusi yang tepat dari masalah yang dihadapi.

Saat sedang setengah jalan menginstal Windows 7 dan memasuki fase “Completing Installation” tiba-tiba Laptop Anda hang dan tidak bereaksi dan fase tersebut memakan waktu yang tidak normal, misal lebih dari 1 jam (padahal seharusnya bisa selesai dalam waktu kurang dari 20 menit), sudah bisa dipastikan bahwa ada sesuatu yang tidak beres dengan proses Instalasi Windows 7.

Solusi pertama coba Anda cek dan recheck DVD Instalasi Windows 7, jangan-jangan DVD yang Anda miliki sudah tergores sehingga tidak bisa terbaca dengan sempurna oleh DVD ROM di Laptop. Jika ternyata DVD Instalasi ternyata dalam kondisi OK, yang selanjutnya patut dicurigai adalah DVD ROM, coba test DVD ROM apakah bisa membaca DVD dengan normal?

Jika keduanya ternyata OK dan bisa berfungsi secara normal, langkah berikutnya yang bisa diambil adalah mencoba menghapus partisi dari drive yang akan digunakan untuk instalasi Windows 7, pada saat Anda memasuki fase memilih drive untuk lokasi instalasi, cobalah drive merubah drive ke posisi “Unallocated Space” kemudian klik Advance dan pilih satu partisi kemudian “delete” ini tentunya untuk memastikan bahwa Windows tidak akan terus berusaha menginstal Windows 7 di file system yang corrupt.

Masalah lain yang bisa menyebabkan proses Instalasi Windows 7 Hang atau Error adalah dari sisi hardware, cobalah untuk unplug atau mencabut USB Devices seperti Card Reader, TV tuners dan aksesoris tambahan lainya di Komputer Anda.

Masalah belum juga selesai, ada kemungkinan BIOS Komputer/Laptop Anda memerlukan proses Upgrade, coba untuk mendownload versi BIOS terbaru dari vendor Laptop/komputer yang Anda pakai. Namun perlu diingat bahwa proses upgrade BIOS sangat beresiko (karena bisa menyebabkan Laptop Anda mati total) jadi sebaiknya Anda lakukan dengan baik dan hati-hati

loading...

Related Posts: