Categories
Makalah

Alat Peraga Sederhana dalam Pembelajaran IPA

Pembelajaran melalui pengalaman langsung, menjadikan siswa dapat menghayati proses belajar dengan seluruh panca indera. Mereka dapat memperoleh pengalamannya secara langsung melalui kegiatan belajar secara nyata.Pengalaman langsung diperoleh dengan jalan berhubungan langsung dengan benda kejadian dan keadaan sebenarnya sehingga perserta didik aktif bekerja dan cepat memecahkan masalah. Pengalaman langsung dapat diberikan dengan adanya penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran.

Alat peraga adalah suatu peralatan yang berupa alat bantu pembelajaran (komponen sumber belajar, wahana fisik, teknologi yang membawa pesan pembelajaran) untuk melakukan suatu percobaan atau penelitian atau peragaan. Pendapat lain mengenai alat peraga yakni, Alat bantu dalam proses pembelajaran supayaapa yang diajarkan mudah dimengerti siswa(E. Afiyani, 2012).

Sedangkan maksud dari alat peraga sederhana adalah alat peraga yang dapat dibuat dengan mudah menggunakan bahan-bahan sederhana (bahan bekas) yang mudah untuk didapatkan, tidak sulit untuk ditemukan dilingkungan sekitar, dan biaya yang dikeluarkan relatif terjangkau, serta tidak memerlukan keterampilan khusus dalam pengoperasiannya (V.A.C Saputri dan N.R. Dewi, 2014: 109-115).

Pertimbangan dari penggunaan alat peraga yang sederhana bukan karena harganya yang murah atau mudah dalam pembuatannya akan tetapi yang menjadi pertimbangan utama adalah karena alat-alat sederhana itu telah dikenal siswa dan secara langsung siswa dapat belajar lebih efektif. Siswa tidak merasa asing dan lebih leluasa dalam menggunakannya.

Tidak takut rusak, atau dimarahi guru jika salah menggunakan, sehingga siswa lebih asyik, senang dan tenang dalam melakukan percobaan.Oleh sebab itu guru terutama dalam pembelajaran IPA harus mampu membuat dan kreatif memanfaatkan barang-barang bekas untuk dijadikan alat peraga sederhana dan guru juga harus lebih mampu mengoperasikan alat peraga sederhana maupun alat peraga pabrik guna meningkatkan mutu pembelajaran.

Alat peraga sederhana sebaiknya memenuhi syarat-syarat seperti berikut,

  1. Tahan lama
  2. Bentuk dan warnanya menarik
  3. Ukurannya sesuai
  4. Sederhana dan mudah dikelola
  5. Sesuai dengan konsep materiIPA
  6. Dapat memperjelas konsep materi IPA
  7. Menjadikan siswa belajar aktif dan mandiri.

Alat peraga sederhana dalam proses pembelajaran memiliki peranan penting sebagai media dalam menciptakan proses belajar mengajar yang efektif, membantu siswa dalam memahami konsep mata pelajaran yang disampaikan.

Pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk menyampaikan materi pelajaran yang bertujuan memberi kesempatan peserta didik untuk aktif belajar sehingga memungkinkan peserta didik memperoleh pengetahuan dan mengembangkan keterampilan psikomotorik serta menumbuhkan kreativitas peserta didik untuk memecahkan permasalahan yang dihadapi (A. Prasetyarini, SD dan R.W Akhdinirwanto, 2013: 7-10).

Penggunaan alat peraga sederhana dalam pembelajaran IPA bermanfaat untuk memvisualisasikan konsep-konsep yang bersifat abstrak menjadi nyata, semisal konsep Gaya, sehingga akan memudahkan siswa dalam memahami konsep tersebut. Disamping itu pemanfaatan alat peraga dalam pembelajaran diharapkan dapat menggali minat siswa, lebih besar dan lebih tertarik terhadap mata pelajaran IPA. Berikut manfaat alat peraga sederhana bagi siswa dan guru, tersaji pada tabel

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *