Contoh Resensi Novel Seandainya Aku Boleh Memilih

by Nesaci
124 comments

Dalam setiap buku, novel dan lainnya terdapat resensi yang berisi tentang keunggulan dan kelemahan suatu buku. Adapun resensi novel β€œSeandainya Aku Boleh Memilih” yaitu :

  • Judul : Seandainya Aku Boleh Memilih
  • Pengarang : Mira W
  • Penerbit : PT. Gramedia Pustaka Utama
  • Tahun Terbit : 1999
  • Tempat Terbit : Jakarta
  • Tebal : 224 Halaman
  • Panjang Buku : 18 cm
  • Ilustrasi Buku : Merah tua, putih dan hijau; Warna dasar violet dan terdapat bunga warna putih; dan hijau tua dengan tulisan warna emas.

Awal karir Mira W sebagai penulis dimulai pada tahun 1975. selain menulis Mira W juga sebagai dokter dan staf pengajar di sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Buku-buku karya Mira W diantaranya Sepolos Cinta Dini (Gramedia 1978), Cinta Tak Pernah Berhutang (1978) dan Permainan Bulan Desember (1979, Gramedia 1999)

Novel ini diawali dengan pertemuan antara Bandi, Haris dan Riri. Pertemuan itu menghasilkan cinta segitiga dimana Riri telah menikah dengan Bandi yang keadaannya sangat lemah, tapi Riri juga berhubungan dengan Haris, dimana Haris adalah kakak Bandi. Dari hasil hubungan Riri dengan Haris, Riri mempunyai anak yang harus ditinggalkan sejak dia masih bayi.

Berawal dari hal tersebut, mulailah konflik antara Riri, Haris, Bandi dan Ibunya yaitu tentang kebenaran siapa ibu Doni. Dan akhirnya Bandi pun mengetahui kalau Riri telah berkhianat dengan kakaknya sendiri. Masalah pun belum selesai dimana Tanti tidak mau menyerahkan Doni kepada ibunya dan dia nekat bunuh diri.

Kemampuan pengarang memaparkan plot/ alut dengan sangat baik merupakan salah satu kekuatan novel ini. Alur yang dibawakan dalam novel ini adalah alur maju, jadi para pembaca tidak bingung untuk membayangkan cerita dalam novel ini.

Penokohan antara protagonis dan antagonis sangat jelas sehingga pembaca tidak perlu berpikir mengenai siapa yang jahat dan yang baik. Tokoh Riri merupakan tokoh sentral yang mempunyai watak baik, berpikir kritis, cerdas, rela berkorban. Kesempurnaan watak Riri terlihat dalam novel ini, tetapi dalam kesempurnaan tersebut pengarang tetap menyisipkan sifat seorang manusia biasa kepada sang tokoh antagonis dibawakan oleh ibu Bandi. Ibu Bandi yang berwatak tidak mau mengalah / jahat dimana ibu Bandu tega memisahkan cucunya dari ibu kandungnya sendiri.

Sudut pandang maha tahu yang digunakan dalam novel ini juga mendukung keseluruhan cerita. Sang pengarang yang bertindak sebagai seseorang yang mengamati Riri membuat kejadian dalam novel ini ikut tertuang dalam penggunaan sudut pandang ini. Hal inilah yang mendukung alur dan latar. Watak riri juga menjadi sangat jelas bahkan sifat manusia yang dimilikinya tanpa diketahui tokoh lain dalam novel ini akan dapat diketahui oleh pembaca akibat sudut pandang yang digunakan sang pengarang

Novel ini sarat dengan amanat, bahkan dapat disebut sebagai sastra petuah. Adapun amanat yang terdapat di dalam novel ini diantaranya kita harus berbakti kepadas orang tua, kita harus bisa mengendalikan diri kita diantaranya kita atau hawa nafsu, kita pun harus mengalah kepada orang yang lemah dan kita harus berbakti pada suami jika kita sudah menikah. Amanat-amanat lain yang terselip pada berbagai bagian cerita dapat dibaca pada novel ini. Amanat-amanat tersebut terungkap jelas ketika Haris mengikuti semua yang diperintahkan ibunya dan ketika Haris dan Riri harus berkorban demi anaknya.

Pembawaan dua konflik yang sangat jelas berbeda menjadi salah satu kelemahan buku ini. Konflik pertama dibawakan dalam kebohongan yang sudah lama oleh pengarang, kemudian dilanjutkan dengan konflik kedua yang berlawanan dengan konflik yang pertama. Yakni konflik kedua ini tidak ada kebohongan dan pembalasan dari kebohongan itu. Akan tetapi, hal tersebut tidak mengurangi keunggulan novel ini dalam segi konflik yang dimunculkan. Kedua konflik tersebut tetap menarik untuk diikuti dan diketahui lanjutannya.

Jika Anda membaca novel ini, mungkin Anda tidak bisa berhenti di tengahnya. Novel ini mampu membuat pembacanya terus tertarik hingga akhir cerita. Latar dan alur cerita bagitu jelas mampu membuat Anda merasa ikut dalam ceritanya. Konflik yang menarik dan cerita ini penuh dengan amanat, juga dapat membuat pembaca lebih tertarik. Karena itu cobalah membaca novel ini dan nikmatilah cerita yang dibawakannya.

loading...
124 comments
0

Related Posts

124 comments

Emma uniarti March 19, 2011 - 4:00 pm

Makasih ats resensinya.
Akhrx ujian praktek bhs indonesiaq,bsa aq krjakan.
Sx lg makasih banyak.

Reply
sukma August 14, 2012 - 10:33 pm

makasih y atas resensinya
tgas q sekarang dah selesai

Reply
Intan April 10, 2011 - 7:33 pm

Makasi uda bantu tugas aku πŸ™‚

Reply
Intan April 10, 2011 - 7:35 pm

makasi lagi deh hehe

Reply
bunga cantik May 29, 2011 - 5:38 pm

maksih tlah mekasih saran ..

Reply
Adnan Reza Bonetti June 2, 2011 - 7:12 am

thanks banget dah bantuin job gw…

Reply
kadek June 4, 2011 - 10:17 am

thanks yaw resensinya uda buat terinspirasi…..

Reply
Comander August 3, 2011 - 7:18 pm

Thanks Tugas gw akhirnya kelar juga,,, huftt

Reply
Comander August 3, 2011 - 7:19 pm

πŸ˜€

Reply
Rizky August 4, 2011 - 2:40 pm

info yang berguna…
tq..

Reply
desi August 7, 2011 - 9:38 pm

maaci banget yah

Reply
annii August 23, 2011 - 12:36 pm

makasih yaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Reply
paratamtam August 24, 2011 - 7:20 pm

makasihh tugas ku selesai akhirnya πŸ˜€

Reply
paratamtam August 24, 2011 - 7:21 pm

:p

Reply
Ramlan putra aquarius September 17, 2011 - 7:22 pm

Thank’s.. berkat resensinya tgas_Q dagh keLaR… Skali lg mksih yagh.

Reply
reggy surya anjasmara September 23, 2011 - 6:17 pm

thanks a lot, good resention,,,

Reply
izhe danga September 29, 2011 - 7:11 am

alhmdllah yach …
tgas gue akhir ny kelarr jga…

Reply
danica October 2, 2011 - 2:47 pm

thx bgt..
tugas resensi ku jd bs kelar dgn cpt..
πŸ˜€
skali lg thankz..

Reply
stella October 3, 2011 - 8:22 pm

thank’s ya,,

Reply
vrike October 3, 2011 - 9:28 pm

terimakasih sangat membantu πŸ™‚

Reply
erick October 4, 2011 - 8:13 pm

kira2 d kota ku udah ada bukunya gak ya???

Reply
bella October 5, 2011 - 7:41 pm

makasih udah ngebantu tugas akuu πŸ˜€

Reply
Aii Celalu Cynk Diia October 8, 2011 - 7:46 pm

makasih ya dah bantuin tugas aq πŸ™‚
akhir nya dapet juga tugas contoh reseensi πŸ™‚

Reply
Muhammad rizal khalqi August 24, 2012 - 4:02 pm

terima kasih banyak atas contoh reseensinya…
akhirnya tugas liburan ini selesai πŸ˜€

Reply
wahyu October 10, 2011 - 1:53 pm

alhamdullilah tugas q selesai!!!!!!!!makasih yah

Reply
fatma syaifi angel October 14, 2011 - 2:06 pm

makasih πŸ™‚

Reply
ayu October 14, 2011 - 6:30 pm

makasiiih banget yah. resensi aku udah mau kelar πŸ˜€

Reply
Andini October 15, 2011 - 6:15 pm

Mkce yaCh. . .brkat resensi ini’tgs q bsa cLce. . .

Reply
adinda intansari October 16, 2011 - 10:36 pm

trrmkcihh bnyakk..
akhirnya tugaskuw yang trkhirr kelarr jujhaaa πŸ™‚

Reply
manda October 17, 2011 - 9:10 am

baguss

Reply
Anytalia hitta October 17, 2011 - 9:10 pm

heheehe makasi πŸ™‚ gragra ada ini tugasku jadi selesai :*

Reply
Tri aghem sukma saputra October 19, 2011 - 8:52 am

Thanx yh,,
tugas w jdi da smpel’y,,

Reply
MRNL October 26, 2011 - 2:54 pm

Makasih kk Tugas ku dah Selesai Berkat Contoh resensi ini πŸ™‚

Reply
ray_378 October 26, 2011 - 6:46 pm

hahaha, iya nih. gw juga lagi ngerjain tugas bhs.indo. thanks ya gan…………

Reply
widya October 29, 2011 - 10:47 am

gila,,,bsok bkin lagi ya,,,,,,,cuakep dech kyaknya walaupun blom baca,,,,,,
hahahahhhhahah

Reply
wiwid October 29, 2011 - 10:57 am

makasih ya mbknya,,,ats resensinya…,..
saya bisa ngrjain tugas dan biza pulang cpet makasih ya mbk,,,,,
πŸ™‚

Reply
mumzh October 29, 2011 - 11:04 am

wah,,akhirnya tugas resensi ku selesai,,,,,,,
makasih ya mbk,,,walau saya dimrhin tmn2 saya,,,yg
pnting resensi selesai,,,,,,
πŸ˜‰
:p
πŸ™‚

Reply
dede ferdian November 1, 2011 - 4:31 pm

makasih mbaa . ahirnya resensi saya selesai . walaupun sedikit ngarang dari saya , maaf ya mba .:D

Reply
muhammad iman November 1, 2011 - 9:15 pm

makasih atas resensinya jadi aku bisa ngerjain tugasnya.

Reply
muhammad iman November 1, 2011 - 9:17 pm

ceritanya bagus sekali…
πŸ™‚

πŸ˜‰

Reply
Halibi November 2, 2011 - 8:26 pm

makasih atas resensinya, karna resensi ini aku jadi bisa ngerjain tugas

Reply
jesika naibaho November 6, 2011 - 11:03 am

mkasih ya tuk resensinya

Reply
pasha November 8, 2011 - 2:41 pm

hahahhaa,. makasihhh PR q selesasiiii

Reply
Jufent harefa November 9, 2011 - 5:36 pm

jd gk repot q deh cari-2 tugas akhrx dpt jg d’sn.
Wkwkwk

Reply
rany keupung November 9, 2011 - 6:21 pm

mkziii bwdtt contoh resensinyaa, jadinya skrg udah ngertii gmnaa yg nmanya resensi.

Reply
Tiara Novita November 12, 2011 - 9:01 am

Coba diceritain dengan jelas siech… pengen baca nich… πŸ˜€

Reply
wahyu wija atmika November 13, 2011 - 12:18 am

makasiii buanyakk dach ringanin beban q buat tgaazz

Reply
dziedh November 13, 2011 - 8:37 am

thanks.. tugas jadii beress..

Reply
Arie s0viana November 16, 2011 - 7:23 pm

5kceh yaw..
Jd tw bnyank tentang n0vel..:-)

Reply
tajuddin November 17, 2011 - 2:32 pm

aq suka novel

Reply
echy November 17, 2011 - 3:56 pm

kekurangan dan kelebihan novel ini apa?

Reply
Amoy November 17, 2011 - 4:55 pm

alur crita ny m’nrik jga…
konflik yg trjdi agk rumit n m’ngangkn tpi konflik sprti itu sdah sring terjadi…

Reply
Amoy November 17, 2011 - 5:47 pm

ma kasih…
berkat resensi ini akk bsa s’lesai kn tgas akk dgn baik …
thx u buat novel s’andai ny akk bleh m’milih…

Reply
cinta q November 18, 2011 - 10:18 pm

makasih yaaa πŸ˜€

Reply
irfan November 19, 2011 - 10:40 pm

makasiihh

Reply
tatang katro November 22, 2011 - 6:12 am

makasi y,,,tgas smstrqu terpeuhi

Reply
Daraka November 22, 2011 - 2:08 pm

tq bro

Reply
mHinNAa November 23, 2011 - 7:04 pm

adUH….cAPek juga ya…… mAKkcHiiiiiiii ya………

Reply
wizmilak November 23, 2011 - 7:41 pm

mkacih ea ataz novel nya….

Reply
cac schreme slemania November 23, 2011 - 9:18 pm

thankyu berat mas berooooooooo !!!!!!!!!!!!!!!!

Reply
rahman November 23, 2011 - 9:33 pm

makasih ya,,,,,semua tugas ku selesai!!!

Reply
aayu screwyy November 24, 2011 - 9:10 am

Maksih yhaa atas resensinya . . itu sangatt mmbntuu bangatt . .

Reply
okta ade pratama November 24, 2011 - 3:41 pm

makasih yaa udah bantu ngeringanin tugas bahasa indonesia aku πŸ™‚

Reply
uswatun hasanah November 24, 2011 - 3:42 pm

mksh ea,,,

Reply
fefen November 24, 2011 - 9:04 pm

trima kasih yah tlah membntu aku utk membuat resensi

Reply
inez November 25, 2011 - 1:26 pm

waw thatz greeet

Reply
aan November 26, 2011 - 4:48 pm

thank………………..

Reply
Sara November 27, 2011 - 11:30 am

terima kasih banget buat contoh resensinya X)
sangat membantu

Reply
tiara November 28, 2011 - 5:37 pm

makasihhh, udh bntuu

Reply
Yustisa November 29, 2011 - 7:10 am

aduh aku mau novel <3

Reply
Yhiie November 29, 2011 - 7:32 pm

Thansk bnget ea,resensi.a dah bantuin nylesain tgs semester gw . . . .

Reply
Allex.s November 29, 2011 - 9:03 pm

Makasih atas contoh n0vel nya,cekarang Q dah bisa ngeresensi n0vel , , ,

Reply
witri cubby November 29, 2011 - 9:04 pm

Ufftt ,, akhirnya .. thankz πŸ™‚

Reply
diaN pawitri suherman November 29, 2011 - 9:06 pm

makacihhh …
allhamdullilah yahh ,, “sesuatu” :*
πŸ˜€

Reply
lindaa November 30, 2011 - 10:20 pm

makasih banget yaa, ngebantu banget nih πŸ™‚

Reply
Inggrid Syagori December 1, 2011 - 2:10 pm

Bagus bangetttt πŸ™‚

Reply
Sem December 1, 2011 - 5:24 pm

Jelas dimengerti sekali resensinya !!

Reply
fendi December 1, 2011 - 7:10 pm

makasi yaaakhirx tgasqselesaijgaaaa

Reply
said December 2, 2011 - 1:19 pm

thanks yaa.. uda bantu tugas ku.. πŸ˜€

Reply
Zma ChΓ©ng Xu December 3, 2011 - 7:45 am

Mkasih.. Rsensi’y aq co past y!

Reply
ArViie Ssi SeNoto ObOy December 5, 2011 - 9:43 am

. Thanks bgtt buatt resensiinya.. Udaa bantu bangett buat tugaz akhirr inii.. πŸ™‚ πŸ™‚

Reply
agoonk December 8, 2011 - 7:14 pm

thanxxxxx !!!

Reply
choyumm December 9, 2011 - 5:43 pm

Thanks bget za uda bntu slsain tugas aq…

Reply
chaezma December 11, 2011 - 1:21 pm

huuffff qw msi btuh cntoh resensi novel

Reply
chaezma December 11, 2011 - 1:27 pm

lg dunk rsensi nvel.x

Reply
Aviva December 13, 2011 - 11:40 am

reesensinya bagus sekali…..

======================
Coba pakai aplikasi seperto Sort Shots for iPad

Reply
ephye December 13, 2011 - 11:43 am

resensix keren bgt…

Reply
echaz December 15, 2011 - 12:31 pm

mkciiiiiih…

Reply
chantiiie December 15, 2011 - 12:32 pm

thankz dha bntu..

Reply
marlina December 16, 2011 - 8:53 pm

.ufd ..
.brkat noveL ne
.tgaz ak slsaii ..
.thank’s bgt iia ..

Reply
dicky December 20, 2011 - 5:59 pm

makasih

Reply
mycha December 22, 2011 - 5:36 pm

dengan bantuan novel ini tugas-tugas aku slesai
TERIMA KASIH

Reply
pobersonic December 28, 2011 - 11:41 am

Tambahan :

Resensi novel Perjalanan Cinta di Negri Tetangga
Judul :My First Tri Angel Love

Reply
Dea January 5, 2012 - 3:29 pm

makasi dh bantu
akhirnya tugas ku bsa slesai jga πŸ˜€

Reply
fredrick January 17, 2012 - 8:42 pm

makasih yah….

Reply
rieska January 21, 2012 - 8:01 pm

mksi tugasku selesai juga ni…

Reply
giat January 22, 2012 - 4:25 pm

terima kasih yah,… ini sangat membantu dalam menyelesaiakan tugas ku

Reply
frank January 26, 2012 - 9:29 am

thanxs dh buat web ini!!!
tugas i am udah selesai…. πŸ˜€

Reply
tania January 31, 2012 - 8:21 pm

makash da nliz novelnya….

Reply
aoleng January 31, 2012 - 8:25 pm

asyyyyyyiik……………..

Reply
anty February 3, 2012 - 10:46 pm

mksh ya buat resensinya keren bgd .
akhirnya tugas qu selesai jga,,,

Reply
agus February 9, 2012 - 5:57 pm

thanks buat pengarang..buku ini sangat membantu saya dalam menumbuhkkan inspirasi

Reply
vonny February 19, 2012 - 8:54 pm

Thanks,, Resensi novelnya ngebantu banget,,

Reply
ipank February 21, 2012 - 2:10 pm

thankyou very much…

Reply
Cha_cha March 7, 2012 - 3:22 pm

makasi byk, tgsQ akhirx slese jg,,, πŸ™‚

Reply
eko cahyono March 7, 2012 - 9:10 pm

saya penggemar berat mira w, buku pertama yang saya baca adalah masih ada kereta yang akan lewat, setelah itu aku nge fans banget ma bunda mira w. saya punya sekitar 50 buku mira w. bagi yang ingin atau berminat bisa menghubungi saya . gratis. hubungi eko cahyono di 085646455384

Reply
rudi March 19, 2012 - 1:31 pm

thx resensi na

Reply
yosi March 31, 2012 - 4:24 pm

thanks dh bantu tugas ku

Reply
aldo April 19, 2012 - 6:58 pm

makasih resensi q bs ngerjain prku jg jd ngga dihukum

Reply
pramandika May 2, 2012 - 9:20 pm

terima kasih saya sudah di bantu

Reply
Firdha Gokil May 5, 2012 - 12:49 pm

makasih banget atas resensinya.. aku jadi ngerti gimana resensi itu..
maklumlah, penulis pemula.. butuh banyak lagi pelajaran

Reply
Fahmii brahmana May 12, 2012 - 2:35 am

Terima kasih banyak coy !!
akhirnya tugas gw kellar juga niih !! πŸ™‚

Reply
nine May 13, 2012 - 6:09 pm

makasi ya,
alhamdulillah tugas kelar

Reply
ammach July 26, 2012 - 7:49 am

trimaksih yy untuk infrmasinya πŸ™‚

Reply
tyan August 11, 2012 - 9:59 am

makacih bnget untuk sarannya…..

Reply
aqin September 1, 2012 - 11:04 am

., suwun ngge resensi.ne.,..

Reply
kekez joishindi keirena October 5, 2012 - 9:28 pm

tq 4 resension.
dengan ini aku bisa memenuhi tgs b.indo n nambah ilmu hehehehe πŸ™‚

Reply
GLD October 12, 2012 - 8:16 pm

TQ,, UDAH BANTU TUGAS AQUW,,,,

Reply
badboyz October 22, 2012 - 1:36 pm

Apa cuma gw orang disini yang ke sini cuma buat tugas

Reply
badboyz October 22, 2012 - 1:38 pm

kurang dikit nih resensinya

Reply
sabrianto April 5, 2013 - 7:15 pm

makasih kk πŸ™‚

Reply
nia apriana September 16, 2013 - 7:02 pm

makasi aea atas info x tentang risensi ni,,

Reply
Annisa November 3, 2013 - 12:39 pm

Bisa minta tolong nggak?? tolong resensiin novel mira w yang judulnya serpihan cinta bipolar

Reply
Andhika February 12, 2014 - 7:00 pm

Maturnuwun banget tugas ku selesai

Reply

Leave a Reply to Aviva Cancel Reply