Categories
Makalah

Teknik Analisis Data Hasil Belajar

Teknik pengelolaan data dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif. Teknik ini digunakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan penggunaan alat peraga sederhana sebagai upaya untuk peningkatan penguasaan konsep siswa dalam materi pokok gaya di kelas IV SD Negeri Nesaci. Adapun tahap-tahap pengelolaan data meliputi :

a. Analisis Data

Analisis yang digunakan teknik deskriptif dengan prosentase fokus analisis dilakukan terhadap data pengetahuan awal siswa-siswa, kemampuan guru dalam merancang dan mengelola pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana dan data hasil belajar siswa selama dan setelah proses pembelajaran berlangsung.

b. Pengelompokkan Data

Pengelompokkan dilakukan pada :

  1. Penguasaan konsep awal siswa melalui tes awal
  2. Kemampuan guru dalam merancang silabus pembelajaran dengan menggunakan alat peraga sederhana melalui penelaahan pada silabus pembelajaran
  3. Kemampuan guru dalam mengelola dan mengoperasikan alat peraga sederhana selama proses pembelajaran melalui obervasi dan jurnal
  4. Rekomendasi dan Tindak Lanjut. Hasil rekfleksi pada siklus pertama merupakan dasar untuk merancang dan merekomendasikan tindakan untuk pembelajaran pada siklus kedua.
  5. Indikator Kinerja.

Standar keberhasilan tindakan perbaikan yang dilaksanakan guru (peneliti utama) sebagai upaya peningkatan penguasaan konsep siswa melalui penggunaan alat peraga sederhana di kelas IV SD Negeri Nesaci adalah sebagai berikut:

Bagi Guru

Guru mampu menunjukkan keberhasilnnya sekurang-kurangnya 75% dan sesuai dengan indikator yang telah ditetapkan dalam Penelitian Tindakan Kelas baik dalam merancang silabus pembelajaran, mengelola menggunakan alat peraga sederhana dalam proses pembelajaran dan sekurang-kurangnya 80% apabila hasil belajar siswa meningkat.

Bagi Siswa

Hasil belajar siswa meningkat minimal mencapai 75% ditunjukkan dengan hasil tes akhir.

loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *